Rugikan Nasabah Rp 80 M, Pemilik Koperasi MDI Dikabarkan Jadi Tersangka

Hukum  RABU, 13 NOVEMBER 2019 , 10:59:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Rugikan Nasabah Rp 80 M, Pemilik Koperasi MDI Dikabarkan Jadi Tersangka

Alvin Lim/Ist

Polda Metro Jaya dikabarkan telah menetapkan pemilik dan pengurus Koperasi Millenium Dinamika Investama (MDI) sebagai tersangka penggelapan duit nasabah.

Tercatat ada sembilan orang yang menjadi korban dengan kerugian sekitar Rp80 miliar.

Sebelumnya, sembilan nasabah itu didampingi Kantor LQ Indonesia Lawfirm melaporkan Koperasi Millenium Dinamika Investama pada 15 April 2019.

Setelah dilakukan pemeriksaan saksi-saksi, akhirnya Lim Anggie selaku pemilik Koperasi Millenium Dinamika Investama ditetapkan sebagai tersangka dan sudah ditahan di Rutan Polda Metro Jaya sejak 9 November 2019.

MDI diketahui mengumpulkan dana masyarakat dengan modus memberikan bunga pada simpanan di atas bunga SBI sekitar 12-14 persen setahun.

Mengandalkan nama grup millenium yang antara lain Millenium Danatama Sekuritas, Millenium Penata Futures, Millenium Industrial Estate, MDI menjanjikan bunga tinggi sebagai iming-iming yang akhirnya tidak bisa dicairkan dananya.

MDI pada tahun 2017 mengaku mengalami kesulitan keuangan untuk membayar bunga dan pokok tabungan para deposannya.

"Para tersangka dijerat pidana perbankan dengan ancaman minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun penjara karena mengumpulkan dana masyarakat tanpa izin BI," kata kuasa hukum nasabah MDI, Alvin Lim melalui keterangan tertulisnya, Rabu (13/11).

"LQ Indonesia Lawfirm ingin membantu dengan sepenuh hati kepada masyarakat Indonesia, khususnya para korban penipuan di bidang keuangan yang stres dan berbeban berat," tutup Alvin.[dod]

Komentar Pembaca