Datangi DPRD, SPRI Suarakan Stop Pemborosan Anggaran

Peristiwa  RABU, 13 NOVEMBER 2019 , 15:33:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Datangi DPRD, SPRI Suarakan Stop Pemborosan Anggaran

Dika Moehammad/RMOL

Sekelompok massa yang tergabung dalam Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Rabu (13/11).

Aksi ini mereka lakukan menyikapi polemik penyusunan dan penetapan APBD untuk tahun 2020.

"Kami dari SPRI Jakarta datang ke sini untuk mempertanyakan komitmen Gubernur dan DPRD terkait keberpihakannya untuk mensejaterahkan rakyat miskin," ungkap Sekjen SPRI Dika Moehammad saat ditemui di sela aksi demonstrasi.

Ketidakseriusan ini menurut mereka dapat ditunjukan oleh dua permasalahan.

Pertama, belanja APBD DKI Jakarta tahun 2019 untuk program perlindungan sosial rakyat miskin mengalami penurunan dan kedua berdasarkan postur keuangan (APBD) Pemprov DKI Jakarta yang sesungguhnya memiliki kemampuan membiayai bantuan sosiat rakyat miskin.

Rendahnya komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam hal meningkatkan kesejahteraan rakyat miskin, kata Dika, jelas bertentangan dengan janji untuk memajukan kota dan membahagiakan warganya.

"Bagaimana mungkin kota Jakarta bisa maju dan bahagia warganya, bila masih ada ratusan ribu keluarga miskin yang belum mendapatkan bantuan sosial dan jaminan untuk dapat tumbuh sejahtera," tegasnya.

Berdasarkan temuan dalam rancangan APBD DKI Jakarta tahun 2020, mereka mendesak untuk menyetop pemborosan dan mengalihkan anggaran boros tersebut untuk bantuan sosial rakyat miskin.

"Lalu jaminan sosial untuk seluruh rakyat miskin Jakarta dan libatkan rakyat miskin dalam perencanaan dan penggunaan anggaran secara partisipatif dan transparan," tegas Dika.[dod]

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok