Ada Pengguna Grabwheel Tewas Ditabrak Mobil, YLKI Minta Penyewaan Otoped Distop

Megapolitan  KAMIS, 14 NOVEMBER 2019 , 14:02:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Ada Pengguna Grabwheel Tewas Ditabrak Mobil, YLKI Minta Penyewaan Otoped Distop

Tulus Abadi/Net

Dua orang pengguna otoped listrik Grabwheel meregang nyawa karena mengalami kecelakaan lalu lintas di sekitar Mall FX Sudirman, Jakarta Pusat pada Minggu dini hari (10/11).

Menanggapi hal ini, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memberikan catatan keras kepada manajemen Grab atas kejadian itu.

"Memang manajemen Grab telah menyampaikan duka cita dan akan memberikan dukungan yang lain pada keluarga korban. Namun ini tentu saja sangat tidak cukup," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi melalui keterangan tertulisnya, Kamis (14/11).

YLKI menduga manajemen Grab sejauh ini belum atau tidak memberikan edukasi yang kuat kepada pengguna Grabwheel. Mana yang boleh dan mana yang tidak boleh, terutama terkait aspek keamanannya.

"YLKI meminta manajemen Grab untuk menghentikan sewa skuter listrik, sebelum memperbaiki aspek keamanan kepada calon penggunanya," ujar Tulus.

Selain itu, YLKI juga mendesak kepada Pemprov DKI Jakarta dan Kemenhub, untuk segera mengatur secara ketat keberadaan otoped listrik, sebelum meluas menjadi masalah dan wabah baru.

"Kami mendukung Dishub DKI Jakarta yang akan mengatur hal ini, agar secara cepat disahkan oleh Gubernur DKI Jakarta," jelasnya.

Poin-poin krusial yang perlu diatur, antara lain adalah perizinan yang ketat, tarif, dan juga jaminan asuransi.

Terakhir YLKI meminta pihak-pihak yang menyewakan otoped listrik, terutama Grab, untuk memastikan dan menjamin bahwa pengguna skuter tersebut telah paham terkait rambu rambu lalu lintas, dan aspek yang lebih detil, terutama dari sisi keselamatan.

"Mengingat dari sisi infrastruktur belum memberikan dukungan yang memadai untuk jalur skuter. Dan belum pula ada sosialisasi yang memadai kepada penggunanya, yang bisa jadi masih minim literasi terkait kepatuhan berlalu lintas," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca