DKI Akan Kembalikan Fungsi CFD Untuk Olahraga, Bukan Jualan

Megapolitan  JUM'AT, 22 NOVEMBER 2019 , 13:07:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

DKI Akan Kembalikan Fungsi CFD Untuk Olahraga, Bukan Jualan

CFD Sudirman-Thamrin/Net

Pemprov DKI Jakarta berkomitmen mengembalikan fungsi utama Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau lebih populer disebut Car Free Day (CFD) di kawasan Sudirman-Thamrin sebagai sarana olahraga dan rekreasi masyarakat.

Karena itulah sejak 3 November 2019 lalu, Pemprov DKI Jakarta melakukan penataan pedagang melalui sistem zonasi, khususnya zona merah di sekitar Bundaran HI agar bebas dari aktivitas jual beli.

Hari Bebas Kendaraan Bermotor diatur berdasarkan Pergub nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. Selain itu ada pula Pergub nomor 12/2016 tentang pelaksanaan HBKB.

"Jadi di sana memang bebas kendaraan, bukan untuk berdagang," ujar Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Adi Ariantara di Blok F lt. 2, Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (21/11).

Adi menyebut, proses penataan pedagang selama HBKB dilakukan dengan kolaborasi bersama Satpol PP, Dinas Perhubungan maupun Dinas Bina Marga.

Kebijakan ini dimulai sejak pendataan pedagang sejak 23 Juni, sosialisasi pada 25 Agustus dan 8 September, hingga penataan yang dimulai pada 3 November lalu.

Sementara itu Kepala Bidang Penegakan Hukum dan Penindakan Satuan Polisi Pamong Praja, Budhy Novian menambahkan pembagian zona pedagang di HBKB akan siap dijaga ketertibannya oleh petugas Satpol PP.

Budhy juga menekankan kebijakan penataan pedagang akan berdampak pada rasa nyaman bagi masyarakat untuk aktivitas olaharga maupun petugas berwenang dalam melakukan pengukuran kualitas udara.

"Satpol PP setiap pelaksanaan HBKB terutama mulai 3 November, kita menurunkan personel sebanyak 1.150. Ini dengan pertimbangan bahwa zona-zona yang sudah ditentukan itu perlu dilakukan penjagaan, " pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok