Tuntut Pembentukan Pansus Mafia Nikel, Mahasiswa Kembali Datangi DPR

Peristiwa  KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 15:57:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Tuntut Pembentukan Pansus Mafia Nikel, Mahasiswa Kembali Datangi  DPR

Unjuk rasa mahasiswa di Gedung DPR/Ist

Massa yang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa Pedulli Bangsa dan Koalisi Mahasiswa Indonesia kembali berunjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta Pusat.

Massa gabungan mahasiswa dan pemuda dari berbagai kampus tersebut melakukan longmarch dari depan Taman Ria Senayan hingga depan Gedung DPR/MPR sembari membawa spanduk-spanduk tuntutan dan mengibarkan bendera merah putih.

Dalam tuntutannya, para mahasiswa mendesak Komisi VI dan Komisi VII DPR RI agar segera membentuk Panja Khusus untuk membersihkan industri nikel Indonesia yang kini ditengarai sedang dikuasai oleh kartel/mafia.

Menurut Koordinator Aksi Dony Manurung, salah satu permainan yang sangat terlihat dalam proses transaksi nikel adalah melalui surveyor-surveyor yang melakukan tugas penilaian kadar bijih nikel dari penambang yang kemudian akan dijual kepada smelter.

Pemerintah itu sudah menunjuk surveyor-surveyor yang dipercaya untuk menghitung kadar nikel, seperti Sucofindo, Surveyor Indonesia, Carsurin, Geo Service, dan Anindy. Namun kenyataan di lapangan dua smelter besar yang dimiliki asing ini kerap kali menggunakan surveyor lain dan tidak mau menggunakan surveyor resmi pilihan pemerintah," kata Dony, Kamis (5/12).

Selain itu, kebijakan larangan ekspor bijih nikel yang dikeluarkan pemerintah melalui Kepala BKPM Bahlil Lahadalia juga dinilai sarat KKN yang berpotensi besar merugikan negara dan penambang lokal hingga triliunan rupiah.

Dony mengungkapkan, pelarangan ekspor bijih nikel ini dipastikan membuat 26 smelter nasional yang sedang dalam proses pembangunan akan terlantar.

Hal tersebut disebabkan karena selama ini smelter-smelter tersebut hanya berharap dapat mengumpulkan anggaran dari hasil penjualan nikel kadar rendah yakni <1.7%, dan hingga saat ini pemerintah seperti menutup mata.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00