Warga Usulkan Anies Dianugerahi Penghargaan Inspirator Budaya Anti Korupsi

Megapolitan  SENIN, 09 DESEMBER 2019 , 12:12:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Warga Usulkan Anies Dianugerahi Penghargaan Inspirator Budaya Anti Korupsi

Arifin Pardamean Siregar/Ist

Praktik korupsi yang merupakan bahaya laten, sepertinya makin sulit diberantas di republik ini. Bahkan korupsi terindikasi sudah menjadi budaya di masyarakat.

Praktik haram ini senyatanya juga menjadi perhatian serius Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Langkah awal Anies saat memimpin Pemprov DKI Jakarta dua tahun lalu adalah membentuk Komite Pencegahan Korupsi (KPK) yang digawangi eks Komisioner KPK Bambang Widjojanto.

"Alhasil, selama dikomandani Anies, praktik curang di lingkungan Pemprov DKI Jakarta mampu ditekan dan diungkap," kata Ketua Komunitas Pemberdayaan Potensi Daerah (KP2D) Arifin Pardamean Siregar di Jakarta, Senin (9/12).

Arifin menambahkan, selama dua tahun menjabat Gubernur DKI Jakarta, Anies juga berhasil memboyong seabrek penghargaan dalam hal pencegahan dan pemberantasan korupsi dari sejumlah lembaga, termasuk dari KPK.

Arifin menilai, prestasi Anies dalam hal pencegahan dan pemberantasan korupsi lainnya adalah sukses merengkuh opini tertinggi terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (LKPD APBD) DKI Jakarta pada 2017 dan 2018, yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan.

"Atas banyaknya prestasi yang diraih, Pak Anies layak dianugerahi Penghargaan Inspirator Budaya Anti Korupsi," usul Arifin.

Kata Arifin, raihan WTP dua tahun berturut-turut juga membuktikan bahwa pengelolaan keuangan di era Anies tidak ada masalah dan bersih dari korupsi serta transparan.

"Di Hari Peringatan Hari Anti Korupsi International yang jatuh hari ini, maka sudah selayaknya warga Jakarta memberikan penghargaan kepada Anies sebagai wujud terima kasih dalam mengelola keuangan warga Jakarta, yang bersih dari korupsi," terang Arifin.

Arifin mengungkapkan, sebagai warga Jakarta, dirinya sangat bangga dan berterima kasih atas kinerja maupun upaya Anies dalam pencegahan korupsi di ibukota.

"Kami sampaikan doa dan dukungan kepada Pak Anies Baswedan agar tetap istiqomah dalam Gerakan Jakarta Anti Korupsi dan membangun budaya anti korupsi untuk mewujudkan Maju Kotanya Bahagia Warganya," tutup Arifin.[dod]

Komentar Pembaca