TGUPP Anies Rangkap Jabatan, Pengamat: Tak Ada Pelanggaran Aturan

Megapolitan  RABU, 11 DESEMBER 2019 , 11:19:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

TGUPP Anies Rangkap Jabatan, Pengamat: Tak Ada Pelanggaran Aturan

Trubus Rahardiansyah/Net

Anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Achmad Haryadi yang ketahuan rangkap jabatan sebagai Dewan Pengawas di tujuh RSUD langsung memunculkan polemik publik. Termasuk kalangan anggota DPRD DKI Jakarta.

Terkait hal ini, Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah memberikan ikut memberikan tanggapannya.

Trubus berpendapat, apabila merujuk secara aturan, anggota TGUPP yang rangkap jabatan, memang tidak melanggar apapun.

"Tak ada masalah. Karena yang bersangkutan itu profesional, bukan ASN," ujar Trubus saat dihubungi wartawan, Rabu (11/12).

"Kalau ini dipermasalahkan maka persoalannya hanya mengenai etika saja," sambungnya.

Justru yang menjadi persoalan sesungguhnya, kata Trubus, karena yang bersangkutan menerima gaji dari APBD sebanyak dua kali, yakni sebagai TGUPP dan Dewas.

"Karena meski gaji Dewan Pengawas berasal dari RSUD, tetapi itu semua anggaran APBD. Itu semua dari BUMD, anggarannya dari penyertaan modal daerah. Itu jadi masalah," terang Trubus.

Untuk itu ,Trubus menyarankan harus segera dilakukan pembenahan terhadap keanggotaan TGUPP. Selain itu, ia juga meminta kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk memperjelas Pergub TGUPP.

"Pergub 16/2019 itu jadi persoalan. Salah satu tugasnya kan melakukan proses pemantauan perancangan anggaran di tingkat SKPD. Kalau demikian, berarti TGUPP itu sama dengan Wagub. Itu tugasnya Wagub," kata Trubus.

Trubus menambahkan apabila Pergub tersebut tidak diperjelas maka yang di khawatirkan tugas TGUPP melampaui batasnya.

"Dia ngatur SKPD dan bisa ganti kepala SKPD lewat Anies. TGUPP bukan nomenklatur sendiri. TGUPP bukan lembaga. Tapi tugasnya hanya membantu. Akhirnya tumpang tindih enggak karuan," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104