Satu Lagi, Anies Bangun Rumah DP Nol Rupiah Di Cilangkap

Megapolitan  KAMIS, 12 DESEMBER 2019 , 12:51:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Satu Lagi, Anies Bangun Rumah DP Nol Rupiah Di Cilangkap

Anies Baswedan/Ist

Janji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat kampanye Pilkada 2017 perlahan tapi pasti sudah diwujudkan. Salah satu program yang semula dipandang sebelah mata adalah Program Rumah DP Nol Rupiah.

Anies Baswedan pagi ini melakukan ground breaking atau peletakan batu pertama untuk pembangunan Rumah DP 0 Rupiah Tahap Kedua di Nuansa Cilangkap yang terletak di Jl. Raya Cilangkap, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (12/12).

"Kita sama-sama tahu bahwa salah satu tantangan perkotaan termasuk di Jakarta adalah masalah pemukiman," kata Anies membuka sambutannya.

"Karena kita tahu di kawasan perkotaan, penduduk akan selalu mengalami pengembangan. Sementara lahannya tidak berkembang, jumlah huniannya seringkali terbatas, termasuk di Jakarta," sambung mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Anies menyadari banyak masyarakat di Jakarta yang masih tinggal dengan menyewa kontrakan atau kosan. Nilai rupiah yang mereka keluarkan untuk mengontrak hunian, seringkali equivalent atau hampir sama dengan nilai cicilan yang mereka harus bayarkan.

Tetapi masalah hari ini mengapa mereka tidak bisa mengikuti program-program kepemilikan rumah yang biasanya disiapkan sektor swasta, Karena kewajiban untuk menyiapkan uang muka yang nilainya cukup signifikan

"Nah uang muka ini kemudian menjadi penghambat dimana masyarakat yang menginginkan memiliki rumah, memiliki daya bayar bulanan, tetapi tidak memiliki daya bayar down payment," jelas Anies.

Oleh karena itu, dengan program yang diselenggarakan ini, Anies berharap komponen masyarakat seperti ini sekarang bisa mendapatkan akses perumahan lewat Program DP Nol Rupiah.

Proyek pembangunan hunian DP 0 Rupiah ini bekerja sama dengan empat BUMD Provinsi DKI Jakarta yaitu PD Pembangunan Sarana Jaya, PT Jakarta Propertindo dan Perumda Pasar Jaya sebagai pengembang, serta PT Bank DKI sebagai bank pelaksana.

Anies berpesan kepada BUMD yang mengerjakan proyek ini agar mengutamakan jangka waktu pembangunan agar sesuai jadwal (18 bulan), on budget, dan mengutamakan kualitas.

"Pesan saya kepada semua yang membangun. Pada saat anda bekerja dari mulai memasang tiang pancang sampai ketika di ujung melakukan pengecatan. Bayangkan anda membangun rumah untuk ditempati sendiri. Ketika kita punya perasaan bahwa ini kita akan pakai sendiri, rasa tanggung jawab itu lebih besar," ungkap Anies.

Untuk diketahui, Luas lahan keseluruhan Nuansa Cilangkap mencapai ± 2,9 hektare dengan lahan bangunan satu tower (menara) seluas ± 0,65 hektare.

Nuansa Cilangkap Hunian DP 0 Rupiah direncanakan akan dibangun dalam 4 tower (menara), di mana saat ini satu tower sebanyak 850 unit dengan ketinggian 24 lantai dan dan dua tipe hunian, yaitu tipe studio dan 2 kamar, diperuntukkan bagi Program DP Nol Rupiah dengan nama Menara Samawa Cilangkap.[dod]

Komentar Pembaca