Ada Banyak Kejanggalan, Penghargaan Diskotek Colosseum Harus Dibongkar

Jakarta  RABU, 18 DESEMBER 2019 , 10:08:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Ada Banyak Kejanggalan, Penghargaan Diskotek Colosseum Harus Dibongkar

Anies Baswedan/Ist

Kasus pencabutan penghargaan Adi Karya Wisata kepada Diskotek Colosseum patut ditelusuri lebih dalam.

Pasalnya, dalam pemberian penghargaan tersebut ditemukan banyak kejanggalan yang diduga disengaja.

Diantaranya dicuekinnya surat rekomendasi dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta yang menemukan penyalahgunaan narkotika di diskotik tersebut.

Namun rekomendasi tersebut terkesan tidak digubris oleh Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Alberto Ali.

Ia diketahui nekat memberikan penghargaan Adikarya Wisata dengan kategori hiburan dan rekreasi kepada Colosseum.

Hal inilah yang kemudian membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meradang. Akibatnya Alberto dicopot dari jabatannya.

"Kelakuan mereka, sudah jelas ada surat bulan Oktober kok masih diproses jadi kandidat dapat penghargaan. Harusnya diproses laporan, ini malah dikasih penghargaan," ucap Anies kepada wartawan di Gedung BNNP DKI Jakarta, Selasa (17/12).

Yang juga menyedot perhatian lainnya adalah terkait pembubuhan tanda tangan Anies yang dicetak dalam penghargaan tersebut dan bukan dalam bentuk tanda tangan basah.

Kendati demikian, Anies membantah bila itu disebut pemalsuan. Menurutnya, tanda tangan itu layaknya ijazah ataupun dalam surat izin mengemudi.

"Rektor kan tanda tangan cetak, kalau SIM kan cetak. Jadi bukan pemalsuan, cuma itu tanda tangan yang dilakukan secara banyak, untuk penghargaan," ujar Anies.

Anies mengaku masih menunggu hasil pemeriksaan dari Inspektorat DKI terkait pemberian penghargaan kepada Diskotek Colosseum.

"Nanti kita lihat dimana letak persoalannya," tegas Anies.

Pemberian penghargaan kepada Colosseum diputuskan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dengan SK Nomor 388 Tahun 2019 tentang Penetapan Pemenang Adikarya Wisata Tahun 2019.

Pembatalan penghargaan itu didasari pada surat rekomendasi dari Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) terkait temuan penyalahgunaan narkotika di diskotek tersebut.

Atas hal kasus inilah, Anies Baswedan kemudian membebastugaskan Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Alberto Ali yang langsung digantikan oleh Asisten Sekda Bidang Perekonomian Sri Haryati.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00