Prihatin Anies Dibully, DPRD Telusuri Kasus Penghargaan Colosseum

Politik  SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 15:23:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Prihatin Anies Dibully, DPRD Telusuri Kasus Penghargaan Colosseum

Abdul Aziz/Net

Kasus pencabutan penghargaan Adi Karya Wisata terhadap Diskotek Colosseum akan ditelusuri lebih dalam. Pasalnya dalam pemberian penghargaan tersebut ditemukan banyak kejanggalan yang diduga ada faktor kesengajaan.

Diantaranya adalah diabaikannya surat rekomendasi dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta soal temuan penyalahgunaan narkotika di diskotek tersebut.

Namun rekomendasi tersebut tidak digubris oleh Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Alberto Ali yang tetap memberikan penghargaan Adikarya Wisata dengan kategori hiburan dan rekreasi kepada Colosseum.

Hal inilah yang kemudian membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meradang. Akibatnya Alberto dicopot dari jabatannya karena telah mengabaikan rekomendasi BNNP itu.

Menanggapi hal tersebut, hari ini Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melalui Komisi B memanggil Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta terkait masalah pemberian penghargaan Adikarya Wisata 2019.

"Kita ingin memastikan dan juga mendapatkan informasi yang benar dari sisi SKPD ini. Jadi kita ingin dengar langsung dari ibu asisten perekonomian (Plt Kadisparbud) sebenarnya apa sih yang terjadi?" ujar Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz di Gedung DPRD DKI, Senin (23/12).

Komisi B meminta penjelasan secara rinci kepada Disparbud DKI Jakarta dari mulai proses pemilihan nominator hingga dampak pemberian penghargaan ini bagi Jakarta.

"Kita ingin tahu dan juga menjelaskan sekaligus mengingatkan kepada SKPD siapa pun orangnya agar jangan bermain-main dengan hal seperti ini karena selain dampaknya akan menimpa banyak orang. Kayak seperti sekarang Gubernur Anies Baswedan misalnya itu kan di-bully di medsos di media dan sebagainya karena beliau penanggung jawab," tegas Aziz.

Pemberian penghargaan kepada Colosseum diputuskan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dengan SK Nomor 388 Tahun 2019 tentang Penetapan Pemenang Adikarya Wisata Tahun 2019.

Pembatalan penghargaan itu didasari pada surat rekomendasi dari Kepala BNNP terkait temuan penyalahgunaan narkotika di diskotek tersebut.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00