ICW Sebut Jokowi Aktor Pelemahan KPK, Politikus PDIP: Pahit dan Getir Itu Proses Yang Sah

Polhukam  SELASA, 31 DESEMBER 2019 , 06:10:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

ICW Sebut Jokowi Aktor Pelemahan KPK, Politikus PDIP: Pahit dan Getir Itu Proses Yang Sah

Eva Sundari/Net

Indonesia Corruption Watch (ICW) dalam catatan akhir tahun 2019 melontarkan sejumlah kritikan pedas untuk Pemerintahan Joko Widodo yang dinilai telah berupaya melakukan pelemahan terhadap lembaga antirasuah KPK.

ICW menilai tahun ini merupakan tahun kelam bagi pemberantasan korupsi di Indonesia. Presiden Jokowi dinilai ingkar janji dalam memperkuat KPK dengan memilih pimpinan terburuk sepanjang sejarah KPK.

Terkait hal ini politikus PDIP Eva Kusuma Sundari menyatakan susunan pimpinan KPK sudah dilantik dan mulai bekerja. Maka adalah sesuatu yang bijak jika ICW turut bekerja dengan mengawasi kinerja KPK.

"Ada aturan yang diatur UU, patuhi hukum. Pahit dan getir itu proses yang sah, legal dan legitimate dalam arti banyak juga yang terima," ujar Eva saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Senin (30/12).

"Itu harus diterima sebagai realitas politik sehingga tahapannya sekarang adalah mengawasi kinerja Dewan Pengawas maupun para komisioner dibawah Firli," sambungnya.

Eva mengatakan demokrasi memang tidak bisa menyenangkan semua pihak, tetapi itu tetap sistem yang terbaik.

Sikap yang terbaik saat ini, menurut Eva, dengan menerima dan melanjutkan kerja. Begitu juga seperti yang dilakukan DPR saat ini bertugas mengawasi.

"Tahapannya sudah lewat untuk mempengaruhi keputusan. Sekarang 'Watch Dog' yang efektif di sikon yang ada. Ngapain mengutuki kegelapan kan? Nyalakan lilin," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

Bangunan Ruko Di Cideng Ambruk

KAMIS, 03 SEPTEMBER 2020 , 17:03:00