Pesta Malam Tahun Baru Sisakan 125 Ton Sampah

Megapolitan  RABU, 01 JANUARI 2020 , 19:47:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Pesta Malam Tahun  Baru Sisakan 125 Ton Sampah

Andono Warih/Net

Perayaan malam pergantian tahun di Jalan Sudirman-Thamrin menyisakan 125 ton sampah.

"Sampah yang terkumpul pada malam perayaan pergantian tahun sebanyak 125 ton. Jumlah ini turun dari tonase tahun lalu yang mencapai 327 ton,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Andono Warih, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (1/1).

Andono mengungkapkan, para petugas DLH dengan sigap melakukan pembersihan sejak pukul 00:30 WIB dan tepat pukul 04:00 WIB Jakarta sudah kembali bersih seperti sedia kala.

Lokasi penyumbang sampah, ungkap Andono, diantaranya dari kawasan Monas berhasil dikumpulkan 15 ton sampah, Bundaran HI dikumpulkan 7 ton sampah, dan sepanjang Jalan Sudirman- M.H. Thamrin dikumpulkan 8 ton sampah.

"Selebihnya dari titik-titik keramaian perayaan pergantian tahun lainnya di seluruh Jakarta," kata Andono.

Menurutnya, proses pembersihan dapat dituntaskan dengan cepat dikarenakan sebelumnya petugas bersama komunitas peduli lingkungan telah melakukan sosialisasi dan membagikan ribuan kantong sampah kepada para pedagang kaki lima. Petugas juga menempatkan ratusan dust bin di titik-titik keramaian.

Kami apresiasi kepedulian warga yang telah meletakan sampah di tempatnya. Itu sangat membantu petugas,” ucap Andono.

Dengan begitu, proses pembersihan relatif lebih mudah lantaran sampah sudah terkumpul di tempat sampah jenis dust bin yang dapat langsung diangkat oleh truk sampah jenis compactor.

"Sedangkan pembersihan jalan, kami mengerahkan road sweeper atau mobil sapu otomatis. Pembersihan pun cepat,” tutup Andono.[dod]

Komentar Pembaca