Anies Batasi Penggunaan Plastik Untuk Membangun Kesadaran Perubahan Lingkungan

Jakarta  SELASA, 07 JANUARI 2020 , 14:36:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Anies Batasi Penggunaan Plastik Untuk Membangun Kesadaran Perubahan Lingkungan

Anies Baswedan/RMOL

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di pusat perbelanjaan, toko swalayan, hingga pasar rakyat di wilayah ibukota.

Keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) No 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

Anies menjelaskan, pembatasan penggunaan plastik sekali pakai bukan sekedar antisipasi sampah plastik tetapi bagian dari perubahan.

"Ini bukan antisipasi, tapi bagian dari kita menyadari perubahan lingkungan yang luar biasa dan salah satu kontributornya adalah plastik-plastik," kata Anies usai Rapat Koordinasi bersama Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (7/1).

Mantan Mendikbud ini menuturkan, tidak semua plastik bermasalah. Hal itu karena plastik tersebut bisa kembali diolah.

"Alat-alat kedokteran itu di RS banyak yang berbasis plastik. Nah itu bisa diolah. Tapi kita membuat aturan khusus terkait kantong plastik," ujar Anies.

"Nanti akan saya paparkan lengkap dari mulai hulu ke hilirnya pengolahan plastik itu, tapi intinya kita ingin membangun kesadaran masyarakat untuk mengurangi limbah plastik," pungkas Anies.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00