Melani Leimena: Natuna Harus Diperjuangkan, Indonesia Tak Boleh Takut

Polhukam  RABU, 08 JANUARI 2020 , 13:42:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Melani Leimena: Natuna Harus Diperjuangkan, Indonesia Tak Boleh Takut

Melani Leimena Suharli/RMOL

Masuknya kapal Tiongkok ke Perairan Natuna, Kepulauan Riau merupakan ancaman yang sangat serius. Karena secara hukum, selama puluhan tahun laut Natuna merupakan milik Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan ketetapan UNCLOS atau konvensi Hukum Laut PBB pada 1982.

Dengan dasar hukum yang kuat, tidak ada cara lain selain menjaga wilayah tersebut karena merupakan bagian dari NKRI.

Demikian disampaikan Anggota DPR RI dari Partai Demokrat Melani Leimena Suharli di kawasan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (8/1).

"Kita harus tegas. Kita sudah ada perjanjian sendiri. Kita harus mentaati itu. Karena kita di pihak yang benar maka harus bertindak tegas," ujar Melani kepada Kantor Berita Politik RMOL.

Melani menegaskan, Indonesia harus berjuang semaksimal mungkin, karena seperti yang selalu digaungkan selama ini bahwa NKRI harga mati, maka Natuna harus diperjuangkan.

"Bagaimana pun juga Presiden sudah katakan bahwa apapun (resiko) itu harus kita hadapi. Kalau dari Menlu Ibu Retno kan juga mau ada seperti negosiasi. Tetapi itu kalau tidak bisa ditempuh kita harus siap. Bagaimana pun itu adalah kedaulatan kita," tegasnya.

Melani melihat kementerian terkait saat ini masih menunggu dulu perkembangan yang terjadi. Apakah bisa dinegosiasikan atau tidak.

"Karena kita tidak bisa langsung tindakan ekstrem. Kalau itu tidak bisa ditempuh ya apa boleh buat. Kedaulatan harus dipertahakan. Untuk kedaulatan gak boleh takut," pungkas Melani.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00