Megawati: Saya Menentang Kerjasama Bermotif Dominasi Terhadap Bangsa Lain

Politik  JUM'AT, 10 JANUARI 2020 , 17:30:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Megawati: Saya Menentang Kerjasama Bermotif Dominasi Terhadap Bangsa Lain

Rakernas PDIP/ist

Kita seringkali abai, menganggap bahwa urusan riset tidak ada kaitannya dengan kedaulatan. Hal itu disampaikan Megawati Soekarnoputri dalam sambutannya saat membuka Rakernas I Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (10/1).

Padahal di era globalisasi, ungkapnya, pertarungan menjaga kedaulatan bangsa dan negara, tidak dapat hanya dimaknai sebagai pertarungan menjaga kedaulatan teritorial. Dominasi pihak luar terhadap suatu bangsa dapat dimulai dari riset pembangunan yang dikendalikan oleh bangsa lain.

"Bagaimana suatu bangsa dapat berdaulat, jika kebijakan pembangunan di segala bidang kehidupan mengikuti hasil riset yang tidak dilakukan oleh bangsa itu sendiri," katanya.

Dikesempatan tersebut Megawati juga menegaskan bahwa ia akan selalu menggelorakan perdamaian dan persahabatan antar bangsa sebagai perjuangan universal. Namun dia menentang kerjasama yang bermotif dominasi terhadap bangsa lain.  

"Saya percaya, tidak ada satu bangsa pun di muka bumi ini, yang menyatakan diri sebagai bangsa merdeka, mau didikte oleh bangsa lain. Kerjasama dalam semangat keadilan dan kesejahteraan dunia, seribu persen saya sepakat!" tegas Megawati.

"Tetapi, kerjasama yang bermotif dominasi terhadap bangsa lain, seribu persen saya tentang. Saya percaya, dalam hal ini Presiden Jokowi, beserta jajaran kabinetnya, ada dalam spirit perjuangan yang sama," tambahnya. [rah]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00