Megawati: Kader PDIP Wajib Punya Tiga SADAR

Polhukam  JUM'AT, 10 JANUARI 2020 , 22:31:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Megawati: Kader PDIP Wajib Punya Tiga SADAR

Kader PDIP mengikuti Rakernas di Jakarta Internasional Expo/ist

Seluruh kader partai, khususnya Tiga Pilar Partai, yaitu kader yang ditugaskan di struktur partai, legislatif dan eksekutif harus punya TIGA SADAR.

Hal itu ditegaskan Megawati Soekarnoputri dalam pidato sambutannya saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I  PDIP yang berlangsung di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (10/1).

Pertama, ungkap Ketua Umum PDIP tersebut, sadar bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara hukum, dibangun di atas aturan hukum.

"Seluruh keputusan politik yang menyangkut tata kehidupan berbangsa dan bernegara harus konkret berpijak pada produk politik hukum, yaitu undang-undang dan perundang-undangan, yang bersumber pada Pancasila," katanya.
 
Kedua, sadar bahwa karena PDI Perjuangan adalah partai politik, maka seluruh gerak langkahnya harus gerak langkah politik yang menghasilkan politik hukum berwatak Pancasila. Politisi banteng jangan sibuk berwacana dan membangun citra politik, tanpa keputusan politik konkret yang berpihak pada perbaikan kehidupan rakyat dan berorientasi pada kepentingan nasional.
 
Ketiga, sadar bahwa menang secara politik bukan sekadar menang elektoral pada Pemilu. Menang bagi PDI Perjuangan adalah mampu memperjuangkan lahirnya kebijakan politik pembangunan di segala bidang kehidupan, pembangunan di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, bahkan pembangunan bidang mental dan spiritual.

"Politik pembangunan yang dimaksud harus berlandaskan pada riset ilmu pengetahuan dan teknologi nasional, yang berpedoman pada haluan ideologi Pancasila," ujar Megawati.

Politik pembangunan yang demikian itu harus menghasilkan politik legislasi, politik anggaran dan politik pengawasan yang menyatu dalam Pola Pembangunan Berdikari. Pembangunan yang membawa Indonesia menjadi bangsa yang mampu berdiri di atas kaki sendiri.
 
"Tiga sadar telah memiliki payung hukum positif. Kita berhasil memperjuangkan lahirnya suatu undang-undang yang sangat penting bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia," katanya. [rah]

Komentar Pembaca
Bengkel Di Setiabudi Terbakar

Bengkel Di Setiabudi Terbakar

MINGGU, 04 OKTOBER 2020 , 17:51:00

Kopassus-Koopsus TNI Gelar Olahraga Bersama Di Makopassus Cijantung
Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

Stadion Patriot Disulap Jadi RS Darurat

JUM'AT, 11 SEPTEMBER 2020 , 19:22:00