Rakernas PDIP Selesai, Tiga Pilar Partai Wajib Jalankan Rekomendasi yang Diputuskan

Politik  MINGGU, 12 JANUARI 2020 , 22:09:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Rakernas PDIP Selesai, Tiga Pilar Partai Wajib Jalankan Rekomendasi yang Diputuskan

Megawati Soekarnoputri dan Prananda Prabowo/net

Rakernas Pertama PDI Perjuangan Tahun 2020 dinilai telah sukses diselenggarakan. Berdasarkan perintah Ketua Umum, seluruh rekomendasi yang telah diputuskan dalam Rakernas, wajib dijalankan oleh Tiga Pilar Partai (Struktur, Legislatif dan Eksekutif) di semua tingkatan, serta wajib ditindaklanjuti dalam Rapat Kerja Daerah dan Rapat Kerja Cabang.

"Kami siap menjalankan Perintah Partai hasil Rakernas Pertama 2020 untuk Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional," kata Ketua Stering Committee Rakernas Pertama PDI Perjuangan 2020, Sukur H. Nababan,  dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (12/1).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, kesuksesan Rakenas yang berlangsung di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, yang berlangsung dari tanggal 10-12 Januari  tersebut tidak lepas dari peran Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi Partai, Prananda Prabowo.

Menurut Sukur, Prananda telah mengkaji dan merumuskan tema dan materi atas arahan Ibu Ketua Umum  PDIP, Megawati Sokearnoputri  yang kemudian ditindaklanjuti oleh Steering Committee Rakernas.

"Keberhasilan Rakernas yang juga sekaligus perayaan HUT PDIP yang ke-47 ini adalah kejelian Pak Prananda dalam merumuskan tema dan meteri yang diarakan Ibu Ketum," katanya.

Tema Rakernas Pertama PDI Perjuangan 2020, lanjutnya,  adalah Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional. Adapun sub temanya adalah, Strategi Jalur Rempah dalam Lima Prioritas Industri Nasional untuk Wujudkan Indonesia Berdikar.

Ada enam materi yang dibahas dalam Rakernas yang berlansung di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, dari tanggal 10 hingga 12 Januari 2020. Materi pertama megenai, Politik Partai dalam Pembangunan (Politik Legislasi, Politik Anggaran dan Politik Pengawasan).

"Meteri kedua, terkait Politik Partai dalam Kebijakan Kebudayaan. Materi ketiga sapai lima menyangkut Politik Partai dalam Tata Kelola Partai, Politik Partai dalam Pemenangan Elektoral dan Pemenanga Pemilu, serta  Politik Partai dalam Penguatan Badan Saksi Nasional Partai," papar Sukur.

Adapun materi ke enam mengenai  Politik Partai dalam Pencegahan dan Penanggulangan Bencana, Pencegahan dan Penanganan HIV AIDS, Pengawasan Obat dan Makanan, serta Kekayaan Hak Intelektual Produk Nasional dan Paten Kekayaan Lokal Indonesia.

"Di dalamnya termasuk pula Pembangunan Lima Prioritas Industri Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Berdikari yang di perjuangkan PDIP diantaranya,  Industri Sandang, Pangan, Papan (Khususnya Industri Pangan). Industri Kesehatan, Farmasi, dan Obat-obatan Tradisional.  Industri Bahan Baku Industri. Industri Energi (Khususnya Energi Baru dan Terbarukan, dan Industri Pariwisata,"  ungkap Sukur.  [rah]

Komentar Pembaca