Soal Gugatan Ganti Rugi Banjir, Fahira: Syarat dan Ketentuan Berlaku

Megapolitan  SENIN, 13 JANUARI 2020 , 21:28:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Soal Gugatan Ganti Rugi Banjir, Fahira: Syarat dan Ketentuan Berlaku

Fahira Idris/Net

Sejumlah warga Ibukota yang merasa dirugikan atas musibah banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya di awal tahun 2020 mengajukan gugatan ganti rugi atau class action.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) DKI Jakarta Fahira Idris mengatakan, dalam kontruksi hukum gugatan kelompok atau lebih dikenal dengan nama class action atau class representative adalah cara paling baik untuk mengajukan gugatan.

"Selama persyaratan umum dipenuhi, salah satunya dapat diterima oleh kelompok dan mempunyai kepentingan hukum dan fakta dari pihak yang diwakili dibolehkan oleh undang-undang," kata Fahira saat dihubungi wartawan, Senin (13/1).

"Kalaupun ada yang mau turun ke jalan selama dilakukan sesuai ketentuan dan aturan ya juga tidak masalah," sambungnya.

Meski begitu, senator Jakarta ini mengingatkan bahwa banjir yang melanda Ibukota dan sekitarnya sesungguhnya sesuatu yang kompleks dan saling berkaitan.

"Kita semua sama-sama pahamlah, apapun yang dilakukan di Jakarta untuk menghalau banjir tidak akan bermanfaat banyak selama tidak ada pemulihan yang serius di kawasan hulu," ucap Fahira.

"Dan jangan lupa, banjir kemarin juga kita tidak dapat kesampingkan faktor cuaca. Hujan kemarin itu menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), termasuk yang paling ekstrem dan tertinggi sejak 154 tahun lalu," demikian Fahira.[dod]

Komentar Pembaca