Tiga Kabar Baik Dari Jakarta

Suara Rakyat  SELASA, 14 JANUARI 2020 , 11:33:00 WIB

Tiga Kabar Baik Dari Jakarta

Tatak Ujiyati/Net

ALHAMDULILLAH Jakarta pulih dari bencana banjir hanya dalam 4 hari. Selain itu, ada 3 kabar baik dari Jakarta yang penting dan berdampak bagi kehidupan masyarakat Jakarta jangka panjang. Ingin tahu?

(1) Pertama, Pemprov DKI membuka pintu bagi pengusaha kecil (UMKM) yang ingin memasok barang kebutuhan pemerintah. Kini Badan Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) membuat aplikasi yang namanya e-order. Dulu nggak mungkin pengusaha kecil memasok barang pemerintah. Bahkan untuk sekedar memasok kebutuhan snack rapat saja, Pemprov DKI harus belanja di toko-toko bermerek terkenal karena keharusan administrasi yang rumit. Dengan e- order kebutuhan administrasi yang rumit bisa lebih disederhanakan, ibu-ibu pedagang kecil bisa ikut memasok kebutuhan Pemprov DKI. Gagasan ini menunjukkan keberpihakan Pemprov DKI pada wong cilik. (2) Kedua, integrasi transportasi berlanjut. Kali ini transportasi jenis perkeretaapian. MRT, LRT, Kereta Bandara dan KRL yang selama ini pengelolaannya terpisah-pisah oleh berbagai instansi (BUMN dan BUMD) akan diintegrasikan. Perusahaan-perusahaan pengelolaan KA tersebut setuju membuat anak perusahaan gabungan yang akan dikelola Pemprov DKI. Dengan integrasi pengelolaan yang paling diuntungkan adalah kita, penumpang. Nggak cuma warga Jakarta, tapi juga Jabodetabek. Nantinya kita akan dapati stasiun-stasiun makin nyaman dengan TOD, kita bisa pindah-pindah moda angkutan KA di stasiun yang sama, metode pembayaran juga sama, dan pastinya sistem pengaduan juga bisa lebih terintegrasi di satu kanal.

(3) Ketiga, Pemprov DKI resmi melarang plastik sekali pakai di pusat-pusat perbelanjaan. Ini adalah langkah kebijakan maju untuk menyelamatkan bumi dari kehancuran. Dalam waktu 6 bulan semenjak peraturan disahkan (Juni 2020) semua pusat perbelanjaan harus menyesuaikan. Mudah-mudahan ya langkah ini akan mendorong juga para ilmuwan menemukan tehnologi pembungkus baru. Seperti teman kita dari UGM mbak Kun Budiasih yang sudah membuat plastik ramah lingkungan berbahan singkong.

Segala kebijakan pemerintah seyogyanyalah dibuat agar kualitas hidup kita, manusia, dan alam lingkungan kita agar tetap sehat lestari.

Nah, mana dari 3 kebijakan itu yang paling kamu sukai?[dod]

Tatak Ujiyati Anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta

Komentar Pembaca
Mempelajari Jari

Mempelajari Jari

KAMIS, 24 SEPTEMBER 2020

Pilkada Dalam Bayangan Kematian

Pilkada Dalam Bayangan Kematian

KAMIS, 24 SEPTEMBER 2020

Resesi

Resesi

KAMIS, 24 SEPTEMBER 2020

Setuju BTP

Setuju BTP

RABU, 23 SEPTEMBER 2020

Modus Menyerang Soeharto Untuk Bangkitkan PKI
Gara-Gara