Soal Larangan Plastik Belanja, Pasar Jaya Jadi Pelopor Pertama Di Jakarta

Megapolitan  RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:52:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Soal Larangan Plastik Belanja, Pasar Jaya Jadi Pelopor Pertama Di Jakarta

Ilustrasi/Net

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di pusat perbelanjaan, toko swalayan, hingga pasar rakyat di wilayah ibukota.

Keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) 142/2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

Terkait aturan ini, Pasar Tebet Barat dan Pasar Tebet Timur yang dikelola Perumda Pasar Jaya, bertekad menjadi pelopor pertama yang menerapkan Pergub tersebut sebagai pasar bebas plastik pertama di Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih mengapresiasi para pedagang di kedua pasar tersebut yang telah berkomitmen untuk memulai penggunaan kantong belanja ramah lingkungan.

"Pergub ini baru berlaku efektif per 1 Juli 2020, namun ternyata kebijakan ini disambut baik para pedagang secara sukarela siap menjadi pelopor. Mereka lebih dahulu menerapkan kebijakan bebas kantong plastik sekali pakai sejak akhir Februari 2020," kata Andono melalui keterangan tertulisnya, Rabu (22/1).

Andono juga menerangkan, kantong belanja ramah lingkungan merupakan kantong belanja guna ulang yang dapat terbuat dari bahan apapun secara didaur ulang, serta dirancang untuk dapat digunakan berulang kali.

"Tujuannya untuk mengajak masyarakat sama-sama mengurangi sampah plastik yang sulit terurai dengan cara membawa tas belanja sendiri," ungkapnya.[dod]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104
Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00