Kasus Pembobolan Rekening Ilham Bintang, Pengamat: Percepat Finalisasi RUU Perlindungan Data Pribadi

Hukum  RABU, 22 JANUARI 2020 , 13:10:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Kasus Pembobolan Rekening Ilham Bintang, Pengamat: Percepat Finalisasi RUU Perlindungan Data Pribadi

Ilham Bintang/Net

Pemalsuan identitas wartawan senior, Ilham Bintang, di gerai Indosat menyebabkan terkurasnya dana Ilham di Commonwealth Bank.

Dibobolnya rekening nasabah dengan relatif sangat mudah melalui teknologi digital atau e-banking handphone (HP), jelas menimbulkan rasa khawatir yang meluas di kalangan masyarakat.

Menanggapi hal ini, pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi mengatakan, kejadian yang menimpa Ilham Bintang mesti menjadi pintu masuk untuk mempercepat finalisasi RUU Perlindungan Data Pribadi.

"Serta evaluasi layanan keamanan yang diselenggarakan provider telekomunikasi dan transaksi perbankan," kata Ade kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (22/1).

Sementara itu, penegak hukum juga perlu menggali kemungkinan adanya kelalaian atau tindakan lain yang berpotensi melanggar hukum, baik dalam hal proses dan otorisasi pergantian SIM card di layanan Indosat, maupun penarikan dana di Commonwealth Bank.

"Hal ini penting untuk memastikan bahwa provider telekomunikasi dan institusi perbankan cukup kredibel dalam melindungi keamanan transaksi elektronik konsumennya," jelas Ade.

"Kemudian mengambil tanggungjawab yang memadai ketika ada celah keamanan yang dapat merugikan kepentingan publik," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104
Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00