Revitalisasi Monas Ditegaskan Tak Ada Urusan Dengan Formula E

Megapolitan  RABU, 22 JANUARI 2020 , 20:05:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Revitalisasi Monas Ditegaskan  Tak Ada Urusan Dengan Formula E

Master Plan Revitalisasi Monas/Ist

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) Provinsi DKI Jakarta tengah mengebut revitalisasi kawasan Monas khususnya sisi selatan

Mengusung optimalisasi fungsi kawasan dengan konsep ruang terbuka hijau dan integrasi transportasi, revitalisasi Monas merupakan bagian dari Rencana Induk Penataan Rencana Tapak Kawasan Medan Merdeka, hasil dari sayembara desain yang pemenangnya ditetapkan pada awal 2019.

Namun revitalisasi ini mendapat kritikan dari banyak kalangan. Mereka menilai proyek itu melenceng dari tujuan pengerjaannya yang justru banyak menebang pohon dan dikaitkan dengan ajang balap mobil bergengsi Formula E.

Menanggapi tuduhan tersebut, Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) DKI Jakarta Heru Hermawanto menegaskan, revitalisasi Monas tidak ada hubungannya dengan Formula E. Karena rencana revitalisasi Monas sudah lebih dulu muncul ketimbang ajang balap mobil listrik tersebut.

"Ini agendanya UPT (Unit Pengelola Taman) Monas awalnya. Dinas Citata itu hanya membantu pelaksanaan pembangunan fisiknya," ujar Heru di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (22/1).

Kemudian soal penebangan pohon, Heru menjelaskan, bahwa telah terjadi kesalahan pengertian.

Menurutnya, tidak ada penebangan pohon seperti yang didengungkan, melainkan peremajaan dan pemindahan.

"Sekarang kalau hujan airnya tetap enggak menyerap. Isu utamanya penebangan pohon atau kira-kira itu. Yang ada betonnya nggak bisa diserap harus kita lakukan perawatan dengan berbagai cara," ucap Heru.

Rancangan utama revitalisasi adalah membangun Lapangan Plaza sebagai wadah ekspresi warga di setiap sisi Monas, baik di wilayah selatan, timur, maupun barat, serta pembangunan kolam yang dapat merefleksikan bayangan Tugu Monas.

Tidak hanya itu, nantinya juga akan ada penghijauan di area parkir Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI) dengan penanaman pohon hingga sistem memanen air untuk kebutuhan perawatannya. Saat ini proses revitalisasi mulai dilaksanakan di area Plaza Selatan seluas 34.841 meter persegi.[dod]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104
Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00