Pilihan Wagub Anies Dan Identitas Naratif Bangsa

Suara Rakyat  JUM'AT, 24 JANUARI 2020 , 14:29:00 WIB

Pilihan Wagub Anies Dan Identitas Naratif Bangsa

Ilustrasi/Net

DALAM konteks kesejarahan, penting makna identitas naratif bangsa. Identitas naratif adalah keseluruhan ciri khas yang memungkinkan untuk mengidentifikasi kembali suatu bangsa sebagai kelompok yang setia kepada cita-citanya.

P Ricoeur dalam tesisnya menyatakan, bangsa yang memiliki identitas naratif ditandai oleh kemampuannya untuk menepati janji. Janji terhadap cita-cita kebangsaannya.

Kemampuan menepati janji merupakan yang lebih tinggi. Karena meskipun ada perubahan-perubahan masih tetap bisa diandalkan.

Pilkada DKI Jakarta 2017 meninggalkan bukan saja luka yang terus menganga dan membusuk, tetapi sekaligus membelah warganya dalam dua kelompok besar. Politik identitas menjadi virus yang terus disebar sebagai senjata kedua kelompok.

Dan kini, pemilihan Wagub DKI Jakarta diharapkan dapat menjadi jalan keluar dari kebuntuhan kohesi sosial ini.

Terlebih munculnya Ahmad Riza Patria yang diusung Partai Gerindra diyakini dapat menjadi pintu masuk untuk mencairkan kebekuan kohesitas relasi warga.

Karena Ahmad Riza Patria tumbuh dan besar dari organisasi nasionalis.

Ahmad Riza Patria juga terdidik dan terlatih sebagai anggota Resimen Mahasiswa yang memiliki cukup bekal untuk merangkul semua kubu agar Jakarta kembali Maju Kotanya, Bahagia Warganyaā€¯.

Elit parpol juga harus serius dan sungguh-sungguh memperhitungkan situasi kebangsaan ini. Sebab ada kewajiban moral dan sosial untuk bersama-sama merawat semangat kebangsaan.[dod]

Manche Kota Ketua Komunitas Pemuda NTT Jakarta

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok