Gerak Cepat Anies Copot Dirut Transjakarta Dipuji Waket DPRD

Jakarta  SENIN, 27 JANUARI 2020 , 21:26:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Gerak Cepat Anies Copot Dirut Transjakarta Dipuji Waket DPRD

Misan Samsuri/Net

Gerak cepat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang segera melakukan pembatalan Donny Andy S Saragih sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memperoleh pujian Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Misan Samsuri.

Pembatalan ini dilakukan karena Donny Andy S Saragih, yang selama ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (2017-2022), terbukti telah melakukan penipuan untuk kepentingannya dalam mengikuti proses seleksi sebagai direksi Badan Usaha milik Daerah (BUMD).

Misan mengatakan, langkah ini merupakan bukti dari keseriusan Anies untuk memastikan kepemimpinan dan operasional PT Transjakarta ke depan tidak menemui masalah atau hambatan.

"PT Transjakarta ini kan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), tentu citra positif sebagai bagian melekat dari Pemprov DKI Jakarta perlu terus dijaga," kata Musan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (27/1).

Misan tidak ingin, kinerja Anies yang sudah cukup baik sejauh ini menjadi tercoreng karena adanya masalah-masalah yang sebetulnya tidak perlu.

"Saya kira perlu lebih selektif lagi di waktu mendatang. Jangan sampai karena nilai setitik, rusak susu sebelanga," ujar politisi Partai Demokrat ini.

Ia menginginkan, DPRD DKI Jakarta dapat dilibatkan dalam melakukan fit and proper test semua calon Dirut BUM untuk lebih memastikan kapabilitas dan track record yang dimiliki. Terlebih, BUMD di Jakarta mengelola uang yang tidak sedikit.

"Saya ini sangat dimungkinkan, terlebih dengan adanya acuan dari Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah," terang Misan.

Misan berharap, Dirut PT Transjakarta ke depan bisa meneruskan program-program positif yang sudah dilakukan oleh Agung Wicaksono, baik terkait Jaklinko maupun integrasinya dengan moda transportasi umum lain. Selain itu, sebagai Dirut PT Transjakarta juga harus memahami dan menguasai persoalan transportasi.

"Mudah-mudahan bisa lebih baik. Saya kira kinerja Pak Agung sebelum mengundurkan diri sebagai Dirut PT Transjakarta sudah cukup baik," tutup Misan.

Untuk diketahui, melalui mekanisme keputusan para pemegang saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham PT Transjakarta merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah, saat ini Yoga Adiwinarto ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PT Transjakarta.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00