Banjir Jakarta Bisa Dikendalikan, Bukan Cuma Menunggu Nasib

Jakarta  RABU, 29 JANUARI 2020 , 21:40:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Banjir Jakarta Bisa Dikendalikan, Bukan Cuma Menunggu Nasib

Diskusi publik di DPD Partai Golkar DKI Jakarta/RMOL

Senyatanya musibah banjir yang rutin merendam Jakarta setiap musim hujan bisa dikendalikan, bukan sebatas menunggu nasib.

Demikian disampaikan Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco disela-sela diskusi bertajuk Lagi-lagi Kebanjiran atau Kebodohan?” di Ruang Indonesia Raya Kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Rabu (29/1)

"Makanya lewat diskusi ini kita mencari upaya komprehensif karena sampai saat ini belum ada konsep besar untuk mengatasi banjir,” kata Basri.

Dalam diskusi tersebut menghadirkan narasumber Direktur Sungai dan Pantai Plh Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jarot Widyoko; Pengamat Kebijakan Publik, Ali Wongso Sinaga; Pengamat Tata, Yayat Supriatna; Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta, Judistira Hermawan; dan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah.

Plt Ketua DPD Partai Golkar DPRD DKI Jakarta Rizal Mallarangeng mengatakan, banjir Jakarta akibat pengaturan air belum sesuai dengan pertumbuhan penduduk dan bangunan.

"Masa sih masalah sederhana air dari gunung yang mengalir ke laut tidak bisa kita atasi,” kata Rizal.

Menurut Rizal, harus ada upaya perencanaan jangka panjang secara sistematis untuk menyelesaikan masalah banjir, termasuk soal 13 sungai yang melintasi DKI Jakarta.

Sementara Jarot Widyoko mengungkapkan, Kementerian PUPR siap bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk mengatasi banjir.

"PUPR sudah punya master plan tentang penggaulangan banjir sejak dulu yang direvisi tahun 2017, serta sudah bertahap dilakukan dan lagi-lagi perlu kerja sama dengan Pemprov DKI," ujar Jarot.

Sedangkan Ida Mahmudah menyoroti tak adanya program penanggulangan banjir yang spesifik dalam APBD 2019 dan 2020.

"Kita akan memanggil dan mengudang semua pihak yang terkait penanggulangan banjir, termasuk Gubernur Anies dan Menteri PUPR," ungkap Ida.[dod]

Komentar Pembaca
Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

RABU, 04 MARET 2020 , 10:02:00