Zita Anjani: Pemindahan Ibukota Tak Langsung Selesaikan Masalah Jakarta

Politik  JUM'AT, 31 JANUARI 2020 , 15:17:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Zita Anjani: Pemindahan Ibukota Tak Langsung Selesaikan Masalah Jakarta

Zita Anjani/Net

Ketimbang sibuk menamai status Jakarta dengan judul macam-macam setelah tidak lagi menyandang ibukota negara, lebih baik pikirkan kembali relasi pusat dan daerah untuk mengurangi beban Jakarta.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Zita Anjani saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (31/1).

"Jangan sampai upaya pemerintah untuk menyeimbangkan pembangunan ekonomi timur dan barat dengan pemindahan ibukota malah berkurang esensinya karena label macam-macam yang kita tempel untuk Jakarta," kata Zita.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan, apa yang Pemprov tidak dapat atasi sendiri, Pemerintah Pusat seharusnya ikut mendukungnya.

Bahkan mengambil alih agar persoalan tersebut lebih cepat terselesaikan. Sebagai contoh Zita menyebut misalnya bencana banjir yang belakangan kembali terjadi.

"Ibukota pindah, masalah tidak langsung selesai, kan? Masalah-masalah di Jakarta tetap harus diselesaikan," tegas Zita.

Untuk diketahui, dalam waktu yang tidak akan lama lagi, Presiden Joko Widodo akan merealisasikan rencana pemerintah memindahkan Ibukota Negara Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Nantinya ibukota baru tersebut akan berada di Provinsi Kalimantan Timur tepatnya di Kabupaten Penajam Pasar Utara dan di Kabupaten Kutai Kartanegara.[dod]

Komentar Pembaca