Sering Kebanjiran, Kementerian PUPR Akui Drainase Underpass Kemayoran Buruk

Peristiwa  MINGGU, 02 FEBRUARI 2020 , 18:02:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Sering Kebanjiran, Kementerian PUPR Akui Drainase Underpass Kemayoran Buruk

Jarot Widyoko/RMOL

Hujan yang melanda Jakarta sejak Minggu dini hari (2/2) mengakibatkan Underpass Kemayoran kembali terendam.

Meski berada di Jakarta Pusat, Underpass Kemayoran merupakan tanggungjawab Pemerintahan Pusat melalui Pengelola Kawasan (PPK) Kemayoran.

Direktur Sungai Dan Pantai, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jarot Widyoko menjelaskan, penyebab underpass sering mengalami banjir karena sistem drainase yang buruk.

"Tadi saya lihat, sejak dulu kan fungsinya Kemayoran ini untuk airport ya. Sejak dulu belum pernah direview sistem drainasenya," kata Jarot saat meninjau Underpass Kemayoran, Minggu (2/2).

Jarot mengutarakan bahwa pada Senin besok (3/2) pihak PUPR akan mengundang PPK Kemayoran untuk melakukan diskusi mendalam terkait permasalahan ini.

Tidak hanya mereview drainase, Jarot menerangkan, pihaknya juga akan membangun pompa yang berada di Sentiong dengan kemampuan menyedot air 50 meter kubik per detik .

"Jadi pada saat air pasang sudah terhalang oleh Pompa Sentiong, tetapi kalau ada hujan kami sedot ke luar. Sehingga sangat efektif untuk menanggulangi banjir di sini," pungkasnya.

Kementerian PUPR dan PPK Kemayoran saat ini telah bekerja sama dengan Pemprov DKI untuk bergotong royong mengurangi banjir di Underpass Kemayoran sehingga dalam waktu dekat sudah dapat kembali digunakan.[dod]

Komentar Pembaca