HNW: Sesuai Namanya, Gus Sholah Adalah Orang Yang Soleh

Peristiwa  SENIN, 03 FEBRUARI 2020 , 12:03:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

HNW: Sesuai Namanya, Gus Sholah Adalah Orang Yang Soleh

Gus Sholah/Ist

Kabar duka kembali menyelimuti Indonesia. Salah satu putra terbaiknya tutup usia menemui Sang Pencipta.

Adalah KH Salahudin Wahid atau Gus Sholah meninggal dunia pada Minggu malam (2/2) sekitar pukul 20.50 WIB.

Tak hanya kaum Nahdiyin, duka mendalam pun dirasakan banyak kalangan. Hujan yang jatuh mengguyur seakan menyiratkan perasaan hati yang hancur lebur, melepas kekasih kembali ke pangkuan Ilahi.

Gus Solah diketahui sudah dua pekan lamanya dirawat di RS Harapan Kita, Jakarta. Adik mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid ini disebutkan harus menjalani operasi ablasi untuk mengatasi gangguan irama jantung yang dalam ilmu kedokteran disebut aritmia.

Kabar kepergian pemimpin Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur ini disampaikan putranya, Irfan Wahid, lewat akun Twitter pribadinya.

Para tokoh pun sejak semalam mendatangi rumah duka di kawasan Bangka Raya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Mulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, para menteri Kabinet Indonesia Maju diantaranya Prabowo Subianto dan Luhut Binsar Panjaitan, tokoh politik lintas partai, tokoh Ormas, sampai Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Rumah ini menjadi saksi bagaimana beliau dicintai oleh semuanya. Tokoh-tokoh dari lintas Ormas, parpol, profesi mereka sangat nyaman dengan Gus Sholah," kata Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW) Hidayat Nur Wahid, Senin (3/1).

"Nama yang diberikan dari ayah beliau KH Wahid Hasyim dengan nama Salahudin Wahid adalah nama yang sangat tepat. Beliau adalah orang yang sangat soleh dan cocok dan diterima. Saat ini kita semua kehilangan," sambung politikus PKS itu.

Untuk diketahui, Gus Sholah merupakan cucu dari pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asyari dan putra dari KH Wahid Hasyim ini lahir di Jombang pada 11 September 1942.

Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) ini pernah menjadi anggota MPR RI dan juga Wakil Ketua Komnas HAM. Gus Solah meninggalkan seorang istri, Nyai Hj. Farida.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00