HMI Tuntut KPK Turun Tangan Usut Skandal Jiwasraya Dan Asabri,

Hukum  JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 19:12:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

HMI Tuntut KPK Turun Tangan Usut Skandal Jiwasraya Dan Asabri,

Unjuk rasa aktivis HMI di Gedung KPK/Ist

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dituntut ikut turun tangan mengusut kasus dugaan korupsi yang membelit dua BUMN, PT Jiwasraya dan PT Asabri.

Hal itu disuarakan sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bekasi Komisariat Universitas Bhayangkara Jaya saat menggeruduk Gedung KPK di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (7/2).

"KPK harus turun tangan mengusut skandal korupsi Jiwasraya dan Asabri," kata Koordinator Lapangan Cabang Bekasi Komisariat Universitas Bhayangkara Jaya Muhammad Tohir.

Tohir mengatakan, sesuai UU Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi disebutkan KPK harus tegas dalam tugasnya untuk melakukan penyelidikan, peyidikan dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi dan KPK juga seharusnya melakukan tindakan pencegahan tindak pidana korupsi.

Menurut Data yang dikaji Pusat Kajian Kebijakan Publik Pemerintah Indonesia (Puskappi) kerugian Asabri mencapai Rp 21 triliun. Sedangkan hasil audit BPK kerugiannya sekitar Rp 16 triliun.

"Karena itulah KPK harus secepatnya melakukan penyelidikan terhadap mega skandal korupsi Jiwasraya dan Asabri sampai ke akar-akarnya. Jangan sampai kerugian tersebut semakin besar," ujar Tohir.

Tohir juga mendesak komisioner KPK memeriksa seluruh jajaran direksi di PT. Asabri dan PT. Jiwasraya.

"Bukan cuma itu, KPK juga harus segera bertindak tegas dan memanggil seluruh kroni-kroni Benny Tjokro dan Heru Hidayat," tegas Tohir.

Tuntutan lainnya adalah mendorong Presiden Jokowi mencopot seluruh jajaran direksi PT. Jiwasraya dan PT. Asabri yang terlibat skandal korupsi.[dod]

Komentar Pembaca
Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

RABU, 04 MARET 2020 , 10:02:00