Anies Menunggu Keputusan Komisi Pengarah Soal Rute Lintasan Formula E

Olahraga  RABU, 12 FEBRUARI 2020 , 11:20:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Anies Menunggu Keputusan Komisi Pengarah Soal Rute Lintasan Formula E

Rencana rute lintasan Formula E/Ist

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan keputusan soal rute lintasan balap Formula E kepada Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) selalu Komisi Pengarah.

Hal itu disampaikan Anies melalui surat kepada Kemensetneg tertanggal 11 Januari 2020 tersebut dengan Nomor 61/-1.857.23.

Surat tersebut diawali Anies dengan menyampaikan ucapan terima kasih atas keputusan Komisi Pengarah yang menyetujui kegiatan penyelenggaraan Formula E Tahun 2020 di kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Dalam suratnya, Anies juga menjamin penyelenggaraan hajatan pada 6 Juni mendatang itu akan memperhatikan UU Cagar Budaya.

"Dalam rangka menjaga fungsi, kelestarian lingkungan dan cagar budaya di kawasan Medan Merdeka dalam pelaksanaannya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memperoleh rekomendasi dari tim ahli cagar budaya Provinsi DKI Jakarta yang dituangkan ke dalam surat Kepala Dinas Kebudayaan tanggal 20 Januari 2020 Nomor 93/-1.853.15 tentang penyelenggaraan Formula E 2020," jelas Anies.

"Penyelenggara akan melaksanakan akan menaati Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya sesuai dengan empat butir hal yang perlu diperhatikan sebagaimana dimuat dalam surat persetujuan dimaksud," sambung mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Dalam surat tersebut, dilampirkan juga rute lintasan Formula E di dalam kawasan Medan Merdeka, termasuk di Monas. Rute ini sedikit berbeda dengan rute yang diputuskan sebelum diberi izin oleh Komisi Pengarah.

Berdasarkan gambar rute terbaru Formula E adalah: Jalan Medan Merdeka Selatan ke kawasan Patung Kuda, masuk ke Pintu Barat Daya Monas, masuk ke kawasan Monas, belok kiri ke sisi barat putar balik ke selatan, kanan keluar lewat Pintu Tenggara Monas arah Gambir, lalu melintas di depan Kedubes AS di Jalan Medan Merdeka Selatan.

Track sirkuit Formula E tersebut memiliki 11 tikungan dengan panjang 2,6 km. Di dalamnya juga terdapat lokasi untuk tamu VIP, staf pelaksana dan media, dan wahana edukasi serta rekreasi publik[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00