Ondel-ondel Untuk Mengamen Bikin Sakit Hati Warga Betawi

Megapolitan  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 , 14:21:00 WIB

Ondel-ondel Untuk Mengamen Bikin Sakit Hati Warga Betawi

Iwan H Wardhana/RMOL

Pemprov DKI Jakarta mengaku sepakat dengan DPRD untuk mengevaluasi keberadaan pengamen ondel-ondel. Pemprov DKI sedang menyusun naskah akademik untuk merevisi Perda Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Budaya Betawi itu.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan H Wardhana mengatakan, kesenian ondel-ondel yang digunakan untuk mengamen atau mengemis telah melukai hati etnis Betawi.

"Ondel-ondel itu jelas kalau dibuat untuk mengamen atau mengemis, itu menyakitkan hati, melukai orang yang memiliki etnis kebetawian termasuk saya," kata Iwan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (13/2).

Soal penindakan terhadap pengamen ondel-ondel, Iwan mengaku akan lebih dulu berkoordiasi dengan Satpol PP DKI Jakarta.

"Kemudian apakah pengamen ditindak? Itu akan dirapatkan dengan Satpol PP hari ini," ujar Iwan.

Iwan menegaskan, pihaknya bertanggungjawab atas pelestarian ondel-ondel yang merupakan salah satu ikon budaya Betawi tersebut.

"Upaya-upaya melestarikan kebudayaan Betawi itu merupakan kewajiban Pemprov DKI Jakarta dalam hal ini Dinas Kebudayaan," tegas Iwan.

Upaya pelestarian ondel-ondel yang dilakukan Dinas Kebudayaan antara lain bekerjasama dengan sanggar dan seniman Betawi.

"Jadi, kami lebih mengintensifkan kegiatan-kegiatan yang bersifat memfasilitasi para seniman dan sanggar, bukan orang-orang mengamen," tutup Iwan.[dod]

Laporan: Muniha Addin Munawwaroh

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104