Tok, Satpol PP Boleh Tertibkan Pengamen Ondel-ondel

Megapolitan  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 , 19:12:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Tok, Satpol PP Boleh Tertibkan Pengamen Ondel-ondel

Pengamen ondel-ondel/Net

Dinas Kebudayaan DKI Jakarta menggandeng Satuan Polisi Pamong Praja, melakukan rapat koordinasi membahas penertiban ondel-ondel yang dimanfaatkan mengamen dan mengemis.

Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Iwan H Wardhana mengatakan, salah satu hasil rapat adalah, Satpol PP DKI berhak melakukan penindakan dan penertiban terhadap orang/kelompok yang menggunakan ondel-ondel sebagai sarana untuk mengamen/mengemis yang mengganggu ketertiban umum.

"Penerbitan dirasa perlu dilakukan karena pengamen ondel-ondel dianggap telah mengarah kepada terganggunya ketertiban umum," kata Iwan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (13/2).

Rapat tersebut juga dihadiri oleh beberapa pihak terkait, diantaranya Kesbangpol, dan beberapa sanggar serta komunitas kebudayaan Betawi.

Merujuk Perda Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi, ondel-ondel merupakan salah satu dari delapan ikon budaya Betawi yang ditetapkan oleh Pemprov DKI melalui Pergub Nomor 11/2017 tentang Ikon Budaya Betawi.

Sedangkan pada Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum, pasal 39 ayat 1, menegaskan setiap orang atau badan dilarang meminta bantuan atau sumbangan yang dilakukan sendiri-sendiri dan atau bersama-sama di jalan, pasar, kendaraan umum, lingkungan pemukiman, rumah sakit, sekolah, dan kantor.

Berdasarkan aturan tersebut, Iwan dalam berita acara setuju dengan sejumlah kesepakatan.

"Menyediakan tempat dan memfasilitasi para pemilik sanggar kesenian dna kebudayaan Betawi termasuk para pengrajin ondel-ondel," tulis keterangan tersebut.

Selanjutnya menempatkan ondel-ondel pada kegiatan yang bersifat seremonial, festival, lebaran Betawi dan acara-acara lain dalam upaya pelestarian kebudayaan Betawi.

Selain itu, akan dilakukan pendataan dan inventarisasi untuk mengetahui berapa banyak jumlah sanggar kesenian Betawi dan pengrajin ondel-ondel.[dod]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104