Pengamat: Zulhas Harus Tegas Optimalkan Mesin Partai

Politik  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 , 20:43:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Pengamat: Zulhas Harus Tegas Optimalkan Mesin Partai

Zulkifli Hasan/Net

Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) menetapkan Caketum petahana Zulkifli Hasan (Zulhas) menjadi Ketua Umum periode 2020-2025.

Pria asal lampung itu meraup suara sebanyak 331 dari total pemilik suara 565. Sedangkan pesaingnya Mulfachri Harahap dan Dradjad Wibowo masing-masing 225 suara dan 6 suara. Sementara untuk yang tidak sah hanya ada tiga suara.

"Zulhas harus memperjelas kebijakan politik internalnya, apakah akan bersikap akomodatif ataukah akan represif terhadap kelompok Mulfachri yang diback up Amien Rais untuk menjaga soliditas kepemimpinanya," ujar Direktur Paramadina Public Policy Institute (PPPI), Ahmad Khoirul Umam kepada Kantor berita Politik RMOL, Kamis (13/2).

Khoirul menegaskan, idealnya Zulhas bersikap akomodatif untuk menjaga kohesivitas partai agar faksionalisme ini tidak berkembang menjadi konflik internal yang berkepanjangan.

Terlebih lagi, Hatta Radjasa yang dipilih Zulhas menjadi Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) menargetkan suara PAN berada di posisi tiga besar.

Soal target tersebut, Khoirul menyatakan basel Iine suara pemilih loyal PAN ada di angka 4-5 persen yang didominasi oleh pemilih dengan berlatar belakang Muhammadiyah.

PAN pun sejauh ini belum pernah menempati posisi tiga besar, termasuk saat Amien Rais menjadi Capres pada Pilpres 2004.

"Terlepas dari rasionalitas target itu, PAN harus menata internalnya untuk mengoptimalkan mesin politik partainya nanti," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

Karangan Bunga Duka Cita Wartawan Balaikota

JUM'AT, 14 AGUSTUS 2020 , 06:40:00

Balkoters Berkurban

Balkoters Berkurban

SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 11:16:00

Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104