Berpengalaman 113 Tahun, Coldwell Banker Mulai Jalankan Bisnis Broker Residensial dengan Sistem Waralaba

Bisnis  SABTU, 15 FEBRUARI 2020 , 10:16:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Berpengalaman 113 Tahun, Coldwell Banker Mulai Jalankan Bisnis Broker Residensial dengan Sistem Waralaba

Launching model bisnis baru Coldwell Banker di Indonesia/ist

Perusahaan broker properti berusia 113 tahun asal Amerika Serikat, Coldwell Banker mulai menjalankan bisnis broker residensial melalui sistem waralaba di Indonesia. Sebelumnya, perusahan ini hanya fokus pada bisnis properti komersial seperti pengelolaan gedung, penyewaan kantor dan mall serta penelitian dan konsultasi real estat.

Mengusung konsep dan teknologi yang diyakini oleh Managing Partner Residensial dan Franchise Coldwell Banker Indonesia, Alvin Alexander, dapat mendisrupsi bisnis broker properti ini.

"Kita mendengar disrupsi terjadi dimana-mana, tetapi transaksi jual beli properti adalah salah satu segmen ekonomi yang paling sulit didisrupsi. Mengapa? Karena properti bukan fast moving good. Properti adalah barang mahal dan tranaksi jual belinya jarang dilakukan. itu sebabnya orang ingin berurusan dengan manusia bukan dengan robot atau apiikasi ketika hendak membeli barang mahal ini", ujar Alvin dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (15/2).

Alvin menjelaskan bahwa disrupsi dalam bisnis properti bukan dengan menggantikan peran manusia dengan aplikasi, tetapi justru dengan memperlengkapi manusianya yaitu broker properti dengan teknologi yang membuat broker-broker ini bisa menjalani perannya dengan lebih efisien dan lebih baik.

"Itulah yang ditawarkan oleh Coldwell Banker melalui sistem waralaba. Teknologi digital terkini, seperti virtual tour, sistem manajemen klien yang cerdas atau disebut sebagai smart CRM, program automatic buyer follow up, bahkan sampai pada kantor online untuk para agen bisa saling bertemu dan berkolaborasi seperti serasa sedang bermain game, semuanya disediakan kepada para partner bisnis yang membeli waralaba Coldwell Banker ini." papar Alvin.

Untuk diketahui, Cooldwll Banker telah hadir di Indonesia sejak 2001 lalu. Perusahaan ini telah ratusan tahun berkontribusi pada perkembangan bisnis propertidan dan menjadi bagian dari industri real estate di dunia. Kini mereka telah beroperasi di 47 negara dengan 92,000 agen profesionalnya. [rah]

Komentar Pembaca