Pak Pramono, Jatuhnya Jokowi Ketentuan Tuhan Bukan Datang Ke Kediri

Politik  MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 10:55:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Pak Pramono, Jatuhnya Jokowi Ketentuan Tuhan Bukan Datang Ke Kediri

Presiden Joko Widodo/Ist

Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung mendadak jadi perhatian setelah melontarkan pernyataan yang melarang Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kediri karena takut mengalami nasib buruk. 

Menurut Pramono Kediri merupakan wilayah yang angker untuk didatangi presiden. Ia bercerita bahwa dahulu Presiden KH Abdurrahman Wahid aloa Gus Dur sempat berkunjung ke Kediri. 

Namun setelah itu ada tragedi gonjang-ganjing di Jakarta yang berakibat pelengseran Gus Dur dari kursi Presiden RI.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin, menyatakan, harus diakui masyarakat Indonesia memang masih banyak yang percaya dengan hal-hal berbau klenik. 

"Masih banyak yang mempercayai Kejawen. Artinya kepercayaan terhadap agamanya rendah, tapi Kejawaannya tinggi," ungkapnya saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (16/2). 

Kendati begitu, Ujang mengingatkan, walaupun kepercayaan klenik itu masih tinggi, namun bukan sesuatu yang bijak jika hal tersebut dikemukakan ke ranah publik 

"Jatuh atau tidaknya Jokowi kan  ketentuan Tuhan. Seandainya mau ke kediri, ya silahkan saja, kok dilarang-larang," ucap Ujang.[dod]

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok