AHY Paling Potensial, Kongres Demokrat Bisa Aklamasi

Politik  SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 10:15:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

AHY Paling Potensial, Kongres Demokrat Bisa Aklamasi

Agus Harimurti Yudhoyono/Net

Kongres Partai Demokrat akan digelar pada Mei mendatang. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disebut-sebut paling berpeluang menggantikan posisi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Umum.

Sejumlah mekanisme kongres pun dipertanyakan oleh sejumlah kalangan. Sebagian menginginkan adanya sistem voting. Sebagian lainnya meminta sistem konvensi. Bahkan tidak sedikit yang berharap Demokrat bisa kembali aklamasi.

Menanggapi hal ini, Direktur Paramadina Public Policy Institute (PPPI), Ahmad Khoirul Umam menjelaskan, ketiga sistem itu pernah dipraktikkan Partai Demokrat.

Sistem voting dilakukan saat Kongres PD di Bandung (2010), aklamasi digunakan saat kongres 2015, dan mekanisme konvensi dijalankan jelang Pilpres 2014.

Kendati demikian, menurut Khoirul, Demokrat tampaknya akan cermat berhitung.

Karena, mekanisme pemilihan Ketum itu tidak hanya berimplikasi pada ukuran demokratisnya sistem pemilihan, tetapi juga seberapa efektif untuk mengkonsolidasikan kekuatan partainya supaya tidak terjebak dalam friksi-friksi internal yang tidak produktif.

"Karena itu Demokrat tampaknya lebih tepat menggunakan mekanisme aklamasi untuk menentukan ketumnya," kata Khoirul saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Senin (24/2).

Khoirul mengatakan demikian karena melihat beberapa faktor. Salah satunya makin menguatnya dukungan jajaran pengurus daerah terhadap figur AHY, yang dibuktikan banyaknya deklarasi dukungan pengurus DPD PD kepada AHY.

Selanjutnya, Demokrat juga harus berhitung cermat tentang potensi dampak sistem voting. Mekanisme ini akan dilakukan jika tidak ada titik temu antar faksi-faksi untuk bersepakat aklamasi.

"Sejauh ini, belum terlihat faksi lain yang potential, kecuali putra biologis dan ideologis SBY," terang Khoirul.[dod]

Komentar Pembaca
Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

RABU, 04 MARET 2020 , 10:02:00