3.565 Jiwa Terdampak Banjir Ibukota

Peristiwa  SELASA, 25 FEBRUARI 2020 , 16:06:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

3.565 Jiwa Terdampak Banjir Ibukota

Banjir Jakarta/Ist

Hujan lokal dengan intensitas ekstrim sejak Selasa malam (24/2), mengakibatkan sejumlah wilayah di Jakarta kembali terendam.

Pemprov DKI Jakarta telah mengerahkan tim gabungan mulai dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) hingga PPSU Kelurahan untuk menangani banjir dan genangan.

Disgulkarmat juga dibantu SAR Jakarta telah mengevakuasi warga yang terdampak banjir dan genangan ke lokasi pengungsian.

Sedangkan BPBD bersama Dinas Sosial DKI Jakarta dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah mendistribusikan bantuan kepada warga yang mengungsi dan mendirikan posko.

"Total pengungsi sebanyak 973 KK, 3.565 jiwa yang berada di 40 lokasi pengungsi," kata Kepala Pusat Data Dan Informasi BPBD DKI Jakarta Muhammad Insaf, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (25/2).

Berdasarkan data BPBD DKI Jakarta, hingga pukul 12.00 WIB, terdapat 294 RW (10,74 % RW di DKI Jakarta) dengan ketinggian banjir maksimal 200 cm yang terjadi di Kelurahan Cawang

Curah hujan sangat lebat hingga ekstrim yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dengan curah hujan tertinggi yang terukur oleh stasiun BMKG sebesar 278 mm/hari di Stasiun Meteorologi Kemayoran, sehingga menyebabkan beberapa pintu air mengalami kenaikan status siaga dan sungai meluap.[dod]

Komentar Pembaca