Kadin: Normalisasi Sungai Dan Pengerukan Waduk Jangan Lagi Swakelola

Peristiwa  SELASA, 25 FEBRUARI 2020 , 22:05:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Kadin: Normalisasi Sungai Dan Pengerukan Waduk Jangan Lagi Swakelola

Jalan Medan Merdeka Utara tergenang banjir/Ist

Salah satu penyebab banjir di ibukota adalah normalisasi sungai dan pengerukan waduk yang tidak maksimal.

Pasalnya, pekerjaan normalisasi sungai dan pengerukan waduk dilakukan secara swakelola oleh Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta dan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) di lima wilayah.

"Karena pekerjaan normalisasi sungai dan pengerukan waduk dilakukan secara swakelola, maka hasilnya kurang maksimal.Sebab, pengawasannya tidak ketat," ujar Ketua Kamar Dagang Dan Industri Indonesia (Kadin) Jakarta Pusat RH Victor Aritonang dalam siaran persnya, Selasa sore (25/2).

Lebih lanjut Victor menyarankan agar prigram pekerjaan normalisasi sungai dan pengerukan waduk-waduk di seluruh DKI dipihakketigakan.

"Dengan lelang pihak ketiga, maka pengawasannya dilakukan secara ketat, hasilnya pun pasti maksimal," ujar Victor.

Disamping itu, para pengusaha menengah ke bawah juga memperoleh pekerjaan.

Victor mengungkapkan, banjir yang sudah berkali-kali merendam Jakarta sejak 1 Januari 2020, telah mempengaruhi roda bisnis para pengusaha di Jakarta dan sekitarnya.

"Banyak sekali anggota kami di Kadin Jakarta Pusat yang mengeluhkan bencana banjir lebih kurang empat kali sejak 1 Januari 2020. Omzet mereka turun drastis karena masyarakat terhalang banjir untuk sampai ke ITC Cempaka Putih, Pusat Grosir Spare Part mobil di Senen dan lain-lain," terang Victor.

Belum lagi kawasan Kelapa Gading Mal dan Mal Of Indonesia Kelapa Gading menjadi sepi karena masyarakat sulit mencapai lokasi itu.

Seperti diketahui, anggaran untuk penanggulangan bencana banjir pada APBD DKI 2020 mencapai Rp1,48 triliun. Untuk program pekerjaan normalisasi sungai dan pengerukan waduk mencapai Rp288,4 miliar.

"Kami berharap mendapat proyek normalisasi sungai dan pengerukan waduk dan situ yang dipihak ketigakan," pungkas Victor.[dod]

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok