Umrah Distop, Said Didu: Harusnya Presiden Protes Arab Saudi

Polhukam  JUM'AT, 28 FEBRUARI 2020 , 13:53:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Umrah Distop, Said Didu: Harusnya Presiden Protes Arab Saudi

Jamaah umrah/Net

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sementara waktu menangguhkan kunjungan ke negara tersebut, baik untuk tujuan umrah maupun ziarah ke Masjid Nabawi.

Hal itu menyusul penyebaran virus Novel Corona (Covid-19) dalam beberapa waktu terakhir.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy telah memimpin rapat koordinasi tingkat menteri terkait sikap pemerintah terhadap nasib jamaah umrah asal Indonesia.

Dalam pertemuan kemarin, Pemerintah Indonesia memahami bahwa keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan kepentingan kesehatan umat yang lebih besar terutama jamaah umrah dan ziarah.

Menanggapi hal tersebut, mantan Sekretaris Menteri BUMN, Said Didu. Said Didu mendesak pemerintah untuk melakukan protes mengingat Indonesia bukan masuk kedalam zona merah penyebaran virus corona

"Harusnya Bapak Presiden protes ke pemerintah Saudi karena memasukkan Indonesia sebagai negara terjangkit korona sehingga menutup visa ke Arab Saudi - pdhl menurut pemerintah Indonesia "bebas" korona (walau AS juga tidak percaya)," cuitnya melalui akun Twitter pribadinya dengan nama akun @msaid_didu, Jumat (28/2).

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (BKS) pada Kamis malam (27/2) telah mengunjungi jamaah umrah Indonesia yang telantar di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta untuk memberikan penjelasan dan ketenangan.

Sesuai dengan keputusan rapat tingkat menteri, bahwa akan ada rapat koordinasi lanjutan untuk membicarakan sejumlah hal terutama hak-hak para jamaah umrah itu agar mereka terlindungi.

"Jadi memang pertama kali yang menjadi konsen kita ada safety. Safety supaya jangan sampai jemaah kita itu tertular (virus Corona) atau sebaliknya. Di Arab Saudi itu tidak menjadi satu tempat konsentrasi terjadinya wabah," jelas BKS. [dod]

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok