Datangi Balai Kota, Warga Tolak Pulau Sebaru Jadi Lokasi Observas

Peristiwa  JUM'AT, 28 FEBRUARI 2020 , 17:19:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Datangi Balai Kota, Warga Tolak  Pulau Sebaru Jadi Lokasi Observas

Unjuk rasa masyarakat Kepulauan Seribu/RMOL

Asosiasi Masyarakat Kepulauan Seribu menggelar aksi protes atas penggunaan Pulau Sebaru Kecil sebagai lokasi observasi 188 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Kapal Pesiar World Dream.

Ketua DPD II KNPI Kepulauan Seribu, Lukman Hadi mengatakan, aksi yang digelar di depan Balai Kota DKI Jakarta ditujukan kepada semua elemen pemerintah.

"Tadi di Balaikota kita tidak diterima oleh siapa pun. Karena kami hanya orasi di depan Balai Kota aja. Di pinggir jalan. Disana kita datang, hanya gelar poster, lalu kita penyampaian surat terbuka," ujar Lukman kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (28/2).

Adapun surat terbuka tersebut ditunjukkan kepada Presiden Joko Widodo. Dalam surat tersebut, masyarakat meminta pemerintah Indonesia untuk mengkaji ulang rencana observasi 188 WNI Anak Buah Kapal Pesiar World Dream.

Hal itu disampaikan karena masyarakat menilai rencana itu akan menimbulkan keresahan dan kekhawatiran serta ketakutan yang luar biasa.

"Lantaran kita semua sudah mengetahui dampak dari virus corona (coVid+19) dari publikasi media selama ini," begitu bunyi surat terbuka tersebut.

Disebutkan pula masyarakat Kepulauan Seribu meminta hak dasar mereka sebagai warga negara seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 untuk mendapat jaminan hidup sehat dan terlindungi dari ancaman bahaya dapat dipenuhi bilamana Pulau Sebaru tetap dijadikan lokasi observasi.

"Kita sebenarnya tidak menolak. Kita hanya minta kepada Presiden untuk meninjau ulang keputusan observasi di Pulau Sebaru. Jadi kita minta itu tetap dilakukan di KRI Soeharso," ujar Lukman

"Kenapa seperti itu? Karena kapal itu (KRI Soeharso) kapal rumah sakit yang setipe dengan rumah sakit tipe B. Jadi semua alat dan fasilitasnya jauh lebih lengkap," pungkas Lukman.[dod]

Komentar Pembaca
Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00

Wagub Cek Protokol Kesehatan Di Mal Kelapa Gading
Dini Hari, Ariza Cek Rob Di Kawasan Perumahan Ahok