Impor Produk China Merosot, Ketua HIPPI Sarankan Pemerintah Genjot Pertanian

Ekonomi  JUM'AT, 28 FEBRUARI 2020 , 18:23:00 WIB

Impor Produk China Merosot, Ketua HIPPI Sarankan Pemerintah Genjot Pertanian

Sarman Simanjorang/RMOL

Wabah virus virus corona atau COVID-19 ikut berdampak ke sektor perdagangan. Hal ini terpantau dari merosotnya produk impor dari China yang masuk ke Indonesia.

Demikian disampaikan Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang usai menghadiri diskusi publik bertajuk "Kerugian Jakarta Akibat Banjir" di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (28/2).

"Secara psikologis masyarakat kita (Indonesia) terhadap yang namanya produk China itu sudah nggak mau pakai, nggak mau makan," kata Sarman.

Sarman berpendapat, berkurangnya produk impor China justru harus dimanfaatkan Pemerintah Indonesia dengan meningkatkan daya produksi dari para petani.

"Ini sebensrnya kesempatan bagi kita. Ketergantungan masyarakat kita selama ini, seperti konsumsi sayuran, buah-buahan berasal dari China. Ya kalau bisa itu ditake over petani-petani kita kan itu bisa meningkatkan kesejahteraan petani-petani kita juga," ujar Sarman.

Melihat potensi tersebut, Sarman menyarankan Kementrian Pertanian untuk fokus terhadap produksi petanian.

"Petani-petani kita perlu didukung, misalnya melalui subsidi pupuk, ya mungkin lahan, kemudian juga binaan, supaya bagaimana dapat kualitas (produksi) yang bagus," pungkasnya.

Diketahui, data dari Badan Pusat Statistika (BPS), China merupakan pemasok barang impor terbesar di Indonesia sepanjang bulan Januari-Desember 2019.[dod]

Laporan: Muniha Addin Munawwaroh

Komentar Pembaca
Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

Cek Suhu Tubuh PNS Pemprov DKI Jakarta

RABU, 04 MARET 2020 , 10:02:00