Ada Pengunjung Naik Di Lidah Api Monas, Gilbert: Periksa Petugasnya!

Megapolitan  KAMIS, 12 MARET 2020 , 11:15:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Ada Pengunjung Naik Di Lidah Api Monas, Gilbert: Periksa Petugasnya!

Gilbert Simanjutak/Net

Petugas UPT Monas yang membiarkan pengunjung naik hingga Puncak Monas atau Lidah Api Monas harus diperiksa hingga tuntas. Karena hal itu merupakan pelanggaran.

Demikian dikatakan Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjutak menanggapi viralnya foto seorang pemuda di Lidah Api Monas.

"Nggak mungkin dia bisa naik tanpa diizinkan petugasnya. Makanya harus diperiksa menyeluruh," kata Gilbert saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Kamis (12/3).

Sebelumnya saat dikonfirmasi Kantor Berita Politik RMOLJakarta soal foto tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia mengakui bahwa peristiwa itu berlangsung pada April 2019.

Diketahui pada April 2019, UPT Monas masih dipimpin Munjirin yang saat ini menjabat Sekretaris Kota Jakarta Selatan.

"Kalau Pak Munjirin yang ngasih izin naik ke Lidah Api Monas, ya dia harus diperiksa juga," tegas politisi PDIP ini.

Diketahui, Lidah Api merupakan pucuk filosofis pembangunan Monas sebagai pengobar semangat kebangkitan Indonesia.

Lidah Api Monas tercipta dari perunggu seberat 14,5 ton dan terdiri dari 77 bagian yang disatukan, kemudian bagian luarnya dilapisi oleh emas murni seberat 35 kg yang hampir sebagian besar merupakan pemberian dari pengusaha Aceh Teuku Arkam.

Kemudian pada tahun 1995, untuk memperingati 50 tahun Indonesia Merdeka, terjadi penambahan emas murni sebesar 50 kg yang diambil dari dana APBD DKI Jakarta.[dod]

Komentar Pembaca