Wahyu Dewanto Usulkan Anggaran Formula E Untuk Penanggulangan Corona

Jakarta  RABU, 18 MARET 2020 , 13:12:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Wahyu Dewanto Usulkan Anggaran Formula E Untuk Penanggulangan Corona

Wahyu Dewanto/Ist

Anggaran sebesar Rp 54 miliar yang dikucurkan Pemprov DKI Jakarta untuk penanganan virus Corona dinilai kurang mencukupi

Demikian dikatakan Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wahyu Dewanto melalui keterangan tertulisnya kepada Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Rabu (18/3).

"Jika dibandingkan dengan anggaran jumbo untuk perhelatan akbar Formula E, dana penanganan Corona ini minim, atau sekira 4,15% saja," kata Wahyu.

Diketahui total anggaran Formula E 2020 yang diajukan Pemprov DKI Jakarta senilai Rp1,3 triliun.

Namun, pihak Pemprov DKI Jakarta akhirnya menunda lomba balap mobil listrik tersebut karena virus Corona yang mewabah di Indonesia.

Menurut Wahyu, penundaan Formula bisa menjadi momentum tepat untuk merelokasi anggaran Formula E untuk penanggulangan virus Corona.

"Pemprov DKI bisa berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mengubah beberapa mata anggaran," ujar politisi Partai Gerindra ini.

Terkait makin mewabahnya penyebaran virus Corona, Wahyu mendorong untuk memaksimalkan social distance.

"Sosial distance harus dijadikan sebuah budaya baru," ujar Wahyu.

Selain itu, pihak terkait harus menyiapkan prosedur tetap untuk petunjuk pelaksanaan di lapangan. Sehingga petugas menerapkan social distance dengan baik dan benar.

"Petugas yang berhubungan dengan pasien Corona juga harus dilengkapi dengan APD (alat pelindung diri). Sehingga mereka merasa lebih aman dalam bekerja," saran Wahyu.

Yang lebih penting, lanjut Wahyu, pemerintah harus mempersiapkan instalasi ruang perawatan dalam jumlah besar. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah penderita.

"Monitor terus dan evaluasi perkembangan libur dua pekan ini untuk mengantisipasi menjelang batas waktu. Apakah perlu ditambah atau tidak sesuai perkembangan yang terjadi," ucap Wahyu.

Terakhir, sambung Wahyu, walau tidak diharapkan terjadi, seluruh persiapan yang diperlukan untuk pelaksanaan lockdown harus segera disiapkan.

"Seperti logistik, protap, petugas mulai dilatih dan sebagainya. Prinsipnya lebih baik siap untuk kemudian tidak terjadi, daripada terjadi tapi tidak siap," pungkas Wahyu.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00