Pak Anies, Segera Cairkan Dana BTT Untuk Warga Yang Terdampak Corona

Sosial  SENIN, 23 MARET 2020 , 10:22:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Pak Anies, Segera Cairkan Dana BTT Untuk Warga Yang Terdampak Corona

Anies Baswedan dan Mohamad Taufik/Ist

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didesak untuk segera menambah anggaran belanja tidak terduga (BTT) untuk warga ibukota yang terdampak virus Corona atau Covid-19.

"Dana BTT sebesar Rp 180 miliar dalam APBD 2020 jelas sangat kurang. Perlu ada penambahan yang signifikan," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik melalui keterangan tertulisnya yang diterima Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Senin (23/3).

Menurut Taufik, kekurangan anggaran BTT bisa diambil dari program kegiatan yang dianggap tidak prioritas, seperti penyelenggaraan Formula E sebesar Rp 1,6 triliun dan penyertaan modal daerah (PMD) sejumlah BUMD sebesar Rp7,81 triliun.

"Pak Anies harus segera mencairkan dana BTT untuk warga yang terdampak Corona," saran Taufik.

Taufik mengungkapkan, warga yang terdampak Corona adalah mereka yang berpenghasilan harian atau berpenghasilan tidak menentu.

"Tujuannya agar warga berpenghasilan tidak menentu atau pekerja harian ini dapat mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah, menghindari penyebaran virus Corona," tegas Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta ini.

Taufik berpendapat, imbauan agar warga ibukota tidak ke luar rumah untuk menghentikan penyebaran penularan Covid-19, tidak akan efektif, jika tidak dibarengi dengan pemberian bantuan kepada warga miskin pekerja harian.

"Sebab, mereka yang bekerja harian ini tidak akan bisa memberi makan keluarganya, apabila harus tinggal di rumah dan tidak bekerja. Cara satu-satunya agar imbauan itu efektif, ya dengan memberikan mereka bantuan agar dapat tetap memberi makan keluarganya selama mereka tinggal di rumah," terang Taufik.

Di sisi lain, Taufik juga mengingatkan agar pemberian bantuan BTT tersebut dilakukan secara benar, melalui pengawasan yang ketat.

"Tujuannya agar penyaluran dana tepat sasaran, kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Penyalurannya harus benar-benar diawasi dengan teliti, jangan sampai salah sasaran," ungkap Taufik.

Taufik mendorong pemberian BTT dapat terus dilakukan, hingga penyebaran virus Corona sudah benar-benar dapat dikendalikan.

Karena pandemi virus Corona atau merupakan masalah yang serius. Dengan jumlah korban yang terus bertambah, maka diperlukan langkah-langkah yang cepat dan tepat dalam penanganannya.

"Kepada mendagri agar mengeluarkan aturan penerimaan bantuan dari masyarakat maupun CSR kepada gugus tugas atau BPBD agar dapat langsung digunakan untuk memberian bantuan biaya hidup pada masyarakat yang terkena Corona," pungkas Taufik.

Diketahui, jumlah kasus positif Corona di Indonesia per 22 Maret 2020 bertambah 64 kasus positif baru. Sehingga total kasus positif Corona di Indonesia mencapai 514 kasus positif Corona.

Selain itu ada penambahan pasien yang sudah sembuh sebanyak sembilan orang, sehingga total yang sudah sembuh sebanyak 29 orang. Namun terdapat juga penambahan yang meninggal sebanyak 10 orang. Sedangkan yang meninggal jadi sebanyak 48 orang.[dod]

Komentar Pembaca
Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Tower Di Lahan Fasum

Tower Di Lahan Fasum

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:29:00