MA Harus Sanksi Pengadilan Yang Langgar SE Penanganan Covid-19

Polhukam  KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:37:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

MA Harus Sanksi Pengadilan Yang Langgar SE Penanganan Covid-19

Santoso/Net

Ketua Mahkamah Agung Muhammad Hatta Ali menerbitkan Surat Edaran tentang pedoman pelaksanaan tugas selama masa pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di lingkungan MA dan badan peradilan yang berada di bawahnya.

Dalam surat edaran bernomor 1 Tahun 2020 itu, Hatta Ali memerintahkan agar persidangan perkara pidana, pidana militer dan jinayat tetap dilaksanakan khusus terhadap perkara-perkara yang terdakwanya sedang ditahan dan penahanannya tidak dapat diperpanjang lagi selama masa pencegahan penyebaran Covid-19.

Adapun bagi persidangan terhadap terdakwa yang secara hukum penahanannya masih beralasan untuk dapat diperpanjang, ditunda sampai dengan berakhirnya masa pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan MA dan badan peradilan di bawahnya.

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi III DPR RI, Santoso meminta seluruh ketua pengadilan di setiap tingkatan agar melaksanaksn surat edaran Ketua MA tersebut.

"Karena saya menerima laporan bahwa masih banyak pengadilan yg tidak lakukan work from home sampai hari ini. Ini berbahaya. Surat edarannya saja sudah lambat keluarnya masak implementasinya juga mau dibikin lambat," kata Santoso melalui keterangan tertulisnya, Kamis (26/3).

Politisi Demokrat asal Dapil Jakarta III ini mengaku memperoleh pengaduan bahwa banyak pengadilan yang masih buka seperti biasa.

"Saya menerima beberapa aduan kalau pengawai pengadilan masih masuk seperti biasa. Yang begini tidak boleh. Keselamatan pegawai harus diutamakan," ujar Santoso.

Santoso memdorong pengadilan tidak mengejar target merampungkan perkara hukum, sementara faktor kesehatan diabaikan.

"Saya ingatkan kepada Ketua MA agar menindak tugas ketua-ketua pengadilan dibawahnya yang tidak segera melaksanakan surat edaran. Ini tindakan indispliner," pungkas Santoso.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00