Dukung Ibukota Lakukan Karantina, Nasdem DKI Minta Jaminan Pangan Dan Ekonomi Rakyat

Jakarta  MINGGU, 29 MARET 2020 , 13:54:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Dukung Ibukota Lakukan Karantina, Nasdem DKI Minta Jaminan Pangan Dan Ekonomi Rakyat

Wibi Andrino/Net

Wabah Coronavirus disease (Covid-19) yang kian meluas, mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan karantina wilayah.

Menanggapi desakan tersebut, Fraksi Partai Nasdem DPRD DKI Jakarta menyarankan jika karantina terpaksa dilakukan maka keputusan tersebut harus diikuti dengan jaminan ekonomi kepada rakyat Jakarta.

"Nasdem mendorong yang terbaik tapi syaratnya ada kesepahaman kerja antara pemerintah pusat dan pemerintah DKI Jakarta. Ini nggak boleh beda tentang bencana Covid-19 ini," ujar Ketua Fraksi Nasdem DKI, Wibi Andrino kepada wartawan, Minggu (29/3).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah memiliki skenario lockdown di ibukota pada pertengahan Maret lalu. Namun rencana tersebut terbentur dengan kewenangan pemerintah pusat.

"Tanggal 15 Maret yang lalu Pak Anies sempat bilang Jakarta harusnya di-lockdown, tapi kan memang belum disetujui oleh pemerintah pusat dengan alasan apa saya tidak tahu," kata Wibi.

Saat ini Jakarta telah menjadi pusat penyebaran Corona di Indonesia. Apabila tidak dilakukan karantina, para pendatang di Jakarta akan membawa virus ke daerah mereka apabila musim mudik tiba.

Sebelum karantina dilakukan, Wibi meminta pemerintah untuk menjamin ketersediaan pangan untuk rakyat. Serta subsidi listrik diberikan semasa karantina berlangsung.

Lebih lanjut, Wibi menyebut pemerintah pusat dan Pemprov harus sinkron dalam menjalankan keputusan ini. Serta menyampaikan kepada publik bahwa Jakarta siap apabila karantina dilakukan.

"Jadi satu saya minta adalah pemerintah pusat dan DKI harus sinkron, harus linier, kerja sama harus ada kesepahaman yang sama yang ada di Jakarta, karena Jakarta adalah rumah pemerintahan pusat," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00