Hankook Tire Siapkan Strategi Penguatan Bisnis Hadapi Tantangan Global

Ekonomi  SENIN, 30 MARET 2020 , 14:40:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Hankook Tire Siapkan Strategi Penguatan Bisnis Hadapi Tantangan Global

Ilustrasi/Net

Produsen ban global asal Korea Selatan, Hankook Tire berupaya meningkatkan manajemen yang transparan bagi pemegang saham dengan terus menggelar inisiatif bisnis yang memperhatikan aspek kepentingan pemegang saham, penguatan solvabilitas perusahaan, serta daya saing melalui inovasi, seperti yang disampaikan dalam rapat dewan direksi dan surat pemegang saham.

Demikian disampaikan Vice Chairman Hankook Technology Group, Hyun Shick Cho, melalui keterangan tertulisnya, Senin (30/3).

Menurut Vanya, perusahaan telah menyiapkan sejumlah strategi eksternal dan internal untuk penguatan bisnis perusahaan secara global, melindungi hak pemegang saham, dan meningkatkan nilainya.

"Dimulai dari strategi eksternal, melalui group-holding Hankook Technology Group mempersiapkan 50 miliar KRW (Korean Won) untuk melakukan pembelian kembali (buyback) saham perusahaan dalam enam bulan ke depan," kata Hyun Shick Cho.

Pada periode penyelesaian (settlement) tahun 2019, Hankook Technology Group membayarkan dividen secara tunai sebesar 350 KRW per lembar saham biasa (atau setara dengan Rp 4.601 per nilai tukar tanggal 23 Maret 2020), meningkat tajam dari tahun 2018 sebesar 300 KRW per lembar saham (atau setara dengan Rp 3.945 per nilai tukar tanggal 23 Maret 2020).

Sementara itu, pada tahun 2019 Hankook Tire selaku anak perusahaan Hankook Technology Group membayarkan dividen sebesar 550 KRW per lembar saham dengan total pembagian dividen mencapai 68.1 miliar KRW, meningkat sebesar 22% dari tahun 2018 di mana harga per lembar saham dipatok sebesar 450 KRW, dan total pembagian dividen berkisar 55.7 miliar KRW.

Untuk jangka panjang, perusahaan berencana memperkuat peran dewan direksi dan badan audit untuk membangun tata kelola perusahaan yang lebih maju.

Dengan peringkat kredit AA, Hankook Tire memiliki arus kas yang stabil di mana sebagian besar investasinya dialokasikan untuk investasi fasilitas dan dananya bersumber dari pendapatan internal perusahaan berdasarkan arus kas operasional yang unggul.

Perusahaan memiliki struktur keuangan yang sangat baik dengan pengelolaan siklus arus kas di mana pengembalian hutang disalurkan dari free cash.

Meskipun menghadapi situasi sulit, perusahaan terus bergerak untuk mengantisipasi keadaan dengan fokus memperkuat solvabilitas perusahaan dan restrukturisasi aset guna mengamankan investasi.

Hankook Tire berencana untuk menjual properti perusahaan yang pasif, seperti gudang logistik di Pulau Yeongdo, Busan, dan nantinya menggunakan hasil penjualan tersebut untuk membeli mesin produksi baru.

Hankook Tire akan terus berinovasi pada aspek-aspek unggulan seperti produk, distribusi, dan penjualan agar mampu menjawab kebutuhan konsumen dan pasar yang serba dinamis seiring adanya transformasi digital. [dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00