Hakim PN Tangerang Dipolisikan, Ini Penyebabnya

Hukum  SELASA, 31 MARET 2020 , 16:39:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Hakim PN Tangerang Dipolisikan, Ini Penyebabnya

PN Tangerang/Ist

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tangerang MI, dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan pemyalahgunaan wewenang.

Hakim MI dilaporkan kuasa hukum terdakwa DW, Alvin Lim dengan Nomor LP / 2065 / III / YAN.2.5/2020/SPKT PMJ, tanggal 31 Maret 2020.

Laporan ini bermula saat hakim MI memaksakan sidang teleconference tetap digelar. Padahal kondisi terdakwa sedang sakit hipertensi kronis.

"Terdakwa bilang sakit dan diperiksa dokter Rutan tensinya 170/100. Kami keberatan sidang dilanjutkan dalam kondisi terdakwa sakit, tensinya tinggi. Tapi malah hakim seperti dokter, bilang minum amlodipine saja. Memangnya hakim ketua punya izin praktik dokter karena amlodipine itu obat keras yang harus dengan resep dokter," kata Alvin, Selasa (31/3).

Menurut Alvin, laporannya tersebut diharapkan menjadi pelajaran untuk hakim laimnya agar tidak sembarangan menjalankan tugasnya.

"Karena sebagai wakil Tuhan, hakim memiliki tanggung jawab besar. Nyawa manusia kok diabaikan," tegas Alvin.

Alvin mengaku, sebelum sidang pihaknya sudah memberikan riwayat kesehatan terdakwa, lengkap dengan hasil laboratorium dan resume medis dokter.

Alvin Lim meminta semua aparat penegak hukum tidak boleh menegakkan proses hukum dengan cara-cara melawan hukum.

"Apalagi kasus DW ini adalah kasus perdata yang diplintir. DW adalah korban penipuan yang dipidanakan oleh PT Menjangan Sakti sebagai pelapor," pungkas Alvin.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00