Pemuda Muhammadiyah Salurkan Bantuan Cegah Covid-19

Peristiwa  KAMIS, 02 APRIL 2020 , 13:45:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Pemuda Muhammadiyah Salurkan Bantuan Cegah Covid-19

Bayu Herdayana/Ist

Penyebaran virus Corona (Covid-19) di Ibukota. Terus melonjakm Dalam situs resmi corona.jakarta.go.id‬ kasus positif Covid-19 di DKI sampai dengan Kamis (2/4) pukul 11.15 WIB mencapai 885 orang dinyatakan positif.

Dari jumlah tersebut, 90 orang meninggal dunia dan sebanyak 562 pasien masih dirawat di rumah sakit.

Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta sebagai organisasi kepemudaan, turut mengambil peran untuk ikut membantu pemerintah maupun masyarakat sipil lainnya untuk melakukan aksi pencegahan Covid-19.

Ketua Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta, Bayu Herdayana menjelaskan, ada beberapa program jangka pendek yang telah dilakukan, antara lain Gerakan Bantu Rumah Ibadah dan Sekolah Lawan Covid-19, dengan melakukan penyemprotan disinfeksi dan mendistribusikan hand sanitizer ke 100 rumah ibadah dan sejumlah sekolah yang ada di Jakarta.

"Juga memberikan bantuan alat cuci tangan dan handwash bagi masyarakat dalam lingkup terkecil yaitu Rukun Tetangga (RT)," ujar Bayu melalui keterangan tertulisnya, Kamis (2/4).

Bayu mengungkapkan, 500 RT se-DKI Jakarta yang ditargetkan akan menerima bantuan.

Pemuda Muhammadiyah menyadari bahwa penanganan bencana Covid-19 ini akan memakan waktu panjang dan melelahkan secara mental dan fisik.

Berdasarlan kajian tiga lembaga dunia di bawah PBB yaitu WTO, FAO, dan WHO dampak Covid-19 dapat memicu krisis pangan jika pihak berwenang gagal mengelola dan mengendalikan Covid-19 dengan baik.

Untuk itu Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta menyiapkan program lanjutan dalam penanganan Covid-19 untuk ikut serta membantu memastikan kebutuhan pangan dan kebutuhan fisik tenaga medis dan masyarakat terpenuhi.

Pertama, dengan memberikan bantuan paket dembako berupa beras, minyak goreng 2 liter, gula pasir dan mie instan. Penerima manfaat ini adalah pengemudi ojek, pedagang kaki lima dan masyarakat pra sejahtera.

"Target paket sembako yang akan didistribusikan sebanyak 5.000 paket sembako," ungkap Bayu.

Selanjutnya bantuan berupa vitamin dan masker bagi tenaga medis dan masyarakat yang rentan secara ekonomi. Ditargetkan penerima manfaat ini sebanyak 1.000 tenaga medis dan 1.000 masyarakat rentan ekonomi.

Berikutnya, melakukan kampanye perilaku hidup bersih dan sehat dan penerapan physical distancing (pembatasan jarak fisik) untuk mencegah penularan Covid-19.

Terakhir, memproduksi cairan disinfektan dan sabun cuci tangan (handwash) secara mandiri. Tercatat, total disinfektan yang sudah diproduksi dan distribusikan sebanyak 3.000 liter.

"Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta berharap aksi nyata yang dilakukan saat ini dapat menggerakkan masyarakat sipil dan organisasi-organisasi kemasyarakatan lainnya untuk saling peduli, saling berbagi, dan saling melindungi," pungkas Bayu.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00