Kepada Wapres, Anies Lapor Ada 3,7 Warga Miskin Butuh Bantuan Pangan

Jakarta  KAMIS, 02 APRIL 2020 , 16:01:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Kepada Wapres, Anies Lapor Ada  3,7 Warga Miskin Butuh Bantuan Pangan

Anies Baswedan/Net

Presiden Joko Widodo telah menandatangani PP 21/2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam Rangka Percepatan Penanganan Infeksi Virus Corona (Covid-19).

Padahal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya telah mengirimkan surat kepada Jokowi agar Ibukota segara diterapkan Karantina Wilayah.

"Kita sudah mendengar ada keputusan pembatasan sosial berskala besar, jadi sekarang langkah ke depan kita adalah melaksanakan sesuai dengan PP 21," ujar Anies saat melakukan video conference bersama Wakil Presiden, Ma"ruf Amin, Kamis (2/4).

Anies mengaku hari ini telah mengirimkan surat kepada Menteri Kesehatan untuk segera menetapkan PSBB di Jakarta.

Kendati begitu, Anies mengusulkan agar ada kebijakan tersendiri untuk kawasan Jabodetabek di mana batas-batas administrasi pemerintahan berbeda dengan penyebaran kasus Covid-19 di Jabodetabek

"Karena di dalam PP 21/2020 itu, Gubernur hanya bisa mengatur pergerakan di dalam 1 provinsi, sementara epicenter ada di 3 provinsi. Karena Jabodetabek ada Jabar, Banten," jelas Anies.

Karenanya Anies meminta Pemerintah Pusat untuk menyegerakan penetapan status agar DKI bisa keluarkan peraturan.

Selanjutnya, Anies mengharapkan agar program-program bantuan yang telah dibahas bersama dalam rapat terbatas bisa segera dieksekusi.

"Dalam catatan kita ada 3,7 juta orang yang dalam posisi miskin dan rentan miskin. Mereka terdampak cukup serius dan perlu ada dukungan untuk bisa membiayai kehidupan di Jakarta," tandas Anies.[dod]

Komentar Pembaca
Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

Anies-Riza Terima Bantuan Covid-19

KAMIS, 16 APRIL 2020 , 14:15:00

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

Karangan Bunga Wartawan Untuk Riza Patria

RABU, 15 APRIL 2020 , 17:03:00

Persiapan Pemilihan Wagub

Persiapan Pemilihan Wagub

KAMIS, 02 APRIL 2020 , 12:39:00